img

WISATA BOGA | Fri, 13 April 2018

Istimewanya Buah Kurma

Kurma pada umumnya menjadi salah satu primadona di bulan Ramadhan di Indonesia salah satunya, selain makanan-makanan khas tradisional yang tersedia di berbagai pasar Ramadhan di setiap daerah sebagai santapan berbuka. Dalam edisi kali ini, NewsBMB akan mengawali kuliner khas Ramadhan dengan keistimewaan buah kurma. Kurma sendiri memiliki nama latin Phoenix Dactylifera merupakan tanaman palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix.

 

Kurma setelah diteliti oleh ahli kesehatan ternyata menempati posisi yang tergolong buah super. Pakar kesehatan Paul Groos dalam bukunya “Buah-buah super” mengatkan ada beberapa ketentuan menjadikan buah itu tergolong super, antara lain harus mengandung nutrisi, kandungan fitokimia, warna, serta lulus dari berbagai uji klinis mengenai manfaat buah dan buah kurma menjadi salah satu diantaranya.

 

Kurma kaya dengan gizi, fiokimia, air dan gula alamiah yang dapat digunakan untuk kesehatan. Kandungan proktosa dan glukosa dalam kurma merupakan sumber energi yang kaya akan amino. Penelitian terakhir ahli medis mengungkapkan di dalam tujuh biji kurma ternyata bila ditimbang memiliki 100 gram. Dalam 100 gram tersebut memiliki beberapa zat, antara lain gula 75,00 gram, serat selulosa 4,00 gram, air 22,50 gram, protein 2,50 gram, lemak 2,50 gram, Vitamin A 60 IU, Vitamin B-1 dan B-2 secara berturut-turut 0,08 dan 0,05 miligram.

 

Dari banyaknya manfaat dan khasiat yang terkandung dalam buah kurma, maka wajar kiranya jika kurma dapat mencegah dan menyembuhkan beberapa penyakit antara lain:

  1. Mencegah stroke dan serangan jantung
  2. Efektif dalam mempercepat penyembuhan penyakit demam berdarah
  3. Menyuplai kebutuhan energi saat berpuasa
  4. Untuk ibu hamil dapat mencegah pendarahan di dalam rahim (“Berilah makan buah kurma kepada istri-istrimu yang sedang hamil, karena sekiranya wanita hamil itu makan buah kurma, niscaya anak yang lahir kelak akan menjadi anak yang penyabar, bersopan santun, serta cerdas. Sesungguhnya makanan Maryam tatkala melahirkan Nabi Isa adalah buah kurma. Sekiranya Allah menjadikan suatu buah yang lebih baik daripada kurma, maka Allah akan memberikan buah itu kepada Maryam.” HR. Bukhari)
  5. Melindungi kesehatan kulit
  6. Penangkal racun
  7. Mentahnik bayi dengan kurma sebagai peningkat sistem imun bagi anak
  8. Penenang saraf dan nutrisi otak
  9. Mencegah maag karena menjaga keasaman lambung
  10. Mengecilkan rahim pasca melahirkan

 

Karena begitu banyak manfaat dari kurma sendiri, maka kurma bisa dijadikan pilihan untuk makan sahur selama bulan Ramadhan ini, sesuai dengan Hadits Nabis “Sahurnya orang Mukmin adalah buah Kurma.” (HR. Abu Daud). Selain mendapat manfaat dari buah kurma sendiri, kita juga mendapat pahala dengan menjalankan sunnah dari Rasulullah SAW. (adr)

 

*)diolah dari berbagai sumber

Do you like the information above?

Latest content