img

  Aktivitas muat batubara di tepi Sungai Mahakam

PERISTIWA | Mon, 11 June 2018

Kekayaan Alam Tanah Borneo

Kalimantan Timur menyimpan sumber daya alam yang cukup berlimpah. Minyak dan gas bumi dikelola oleh perusahaan nasional maupun internasional, kekayaan hutan juga pernah mengalami masa kejayaannya, rotan, damar, kayu, gaharu dan hasil hutan lainnya. Emas serta intan juga dapat ditemukan di tanah borneo, komoditi terakhir yakni batubara beberapa tahun belakang ini menjadi primadona di Kalimantan, khususnya Kalimantan Timur. Perusahaan besar seperti Berau Coal, KPC telah melakukan penambangan di sektor Batubara cukup lama di Kalimantan Timur, tepatnya Kabupaten Kutai Timur dan Kabupaten Berau.

Kabupaten Kutai Kartanegara sendiri merupakan salah satu kabupaten yang memiliki sumber daya alam yang cukup melimpah, Hutan Tropis, Minyak dan Gas Bumi, Batubara merupakan sumber daya alam yang dapat ditemui di Kabupaten ini. Memiliki 18 Kecamatan dengan beberapa kecamatan merupakan kecamatan penghasil, seperti Muara Badak, Marangkayu, Samboja, Muara Jawa, Sangasanga, Anggana, Loa Janan, Loa Kulu. Berdiri perusahaan raksasa seperti Total yang sekarang diambil alih oleh Pertamina, Chevron, Vico yang juga diambil alih oleh Pertamina.

Sungai Mahakam yang mengalir dari Kutai Barat, Kutai Kartanegara hingga bermuara di Samarinda menjadi salah satu jalur transportasi air yang sibuk, terutama kapal tongkang yang mengangkut batubara dari tambang-tambang hingga dicurahkan melalui konveyor menuju kapal tongkang batubara yang sudah menunggu di tepi sungai Mahakam. Aktifitas ini sudah berlangsung cukup lama, setiap hari, setiap minggu dan bulan. Hal ini menunjukkan kekayaan alam Kalimantan Timur khususnya Kutai Kartanegara cukup berlimpah. Maka wajar saja jika, Kutai Kartanegara dikenal luas oleh masyarakat Indonesia sebagai salah satu Kabupaten Terkaya di Indonesia.

Foto Terkait

Do you like the information above?

Latest content