img

  Proses Pengupasan Sabut Kelapa Tua

EKONOMI & BISNIS | Fri, 31 August 2018

Kelapa Samboja

Industrialisasi kelapa yang tak berjalan masif menjadikan primadona ini bak jarum ditumpukan jerami. Terkepung oleh banyak dan besarnya industri sawit yang mulai menjamah berbagai daerah.

Kelapa Handil yang berada di Kelurahan Handil Baru Kecamatan Samboja. Menjadi salah satu sentra kelapa yang masih bertahan hingga kini dan menawarkan industri kelapa dari hulu hingga hilirnya.

Menjadi salah satu pemasok terbesar Kelapa muda di Kota Balikpapan dan Samarinda. Kelapa tua mengisi ruang di pasar-pasar tradisional di wilayah pesisir Kutai Kartanegara hingga Balikpapan dan Samarinda.

Minyak Kelapa yang merupakan produk olahan lanjutan, menjadi salah satu industri hilir Kelapa Handil, masyarakat lokal menjemur daging kelapa dihalaman rumahnya menjadi kopra yang kemudian nantinya diolah menjadi minyak kelapa. Penulis sendiri menggunakan minyak kelapa untuk dipakai memasak dan rasanya cukup gurih apalagi digunakan untuk memasak tumisan.

Selain itu juga, lidi kelapa juga mendapat ruang di daerah ini, berbagai macam olahan kreatif seperti piring prasmanan, sapu lidi dan berbagai produk lainnya didukung oleh CSR perusahaan minyak yang ada di wilayah tersebut. Memberdayakan Ibu Rumah Tangga untuk dapat menjadi pelaku dalam industri kreatif ini.

Tak hanya sampai disitu, sabut kelapa juga di olah menjadi cocopeat oleh salah satu warga di wilayah Handil, menjadi produk yang mempunyai daya jual yang lebih tinggi.

Primadona ini (kelapa) membentuk satu sistem industri yang berdaya guna bagi masyarakat sekitar secara ekonomi. Kelapa Handil yang menurut salah satu masyarakat  Handil Baru telah masuk generasi kedua ini diharapkan mampu langgeng terus menerus dan menjadi jaya kembali ditengah-tengah kepungan kelapa sawit yang mulai menjamah tanah-tanah masyarakat di pelosok daerah. (adr)

Foto Terkait

Do you like the information above?

Latest content