img

  Anak-anak sedang asyik membaca di Lapak Buku Stand Edukasi Samboja Expo 2018

PERISTIWA | Mon, 3 September 2018

Lapak Baca Samboja Expo 2018

Tak ada ruang, tak ada tempat, maka hilang peluang juga kesempatan.

Pojok Edukasi Samboja Expo 2018, bertempat di Lapangan Sepakbola Kantor Camat Samboja yang berlangsung sejak 31 Agustus hingga 04 September 2018 diisi oleh Taman Baca Macan Dahan, Bunga Kertas Beringin Agung serta mobil Perpustakaan Keliling Badan Perpustakaan Provinsi Kalimantan Timur didukung oleh Pertamina Hulu Mahakam yang pada puncaknya tanggal 04 September 2018 akan diadakan Lomba Story Telling untuk tingkat Sekolah Dasar. Pojok Edukasi ini semarak dan ceria oleh antusiasme anak-anak yang mendapat sajian berbagai macam jenis buku dalam kegiatan yang bertema "Lapak Buku".

Pojok Edukasi tidak hanya menyajikan buku-buku bacaan yang segar bagi anak-anak, terdapat juga berbagai kegiatan antara lain, permainan gasing tradisional, praktik membatik oleh SMAN 1 Samboja, mewarnai dan belajar menulis puisi. Kegiatan ini juga didukung oleh UPT Dinas Pendidikan Samboja yang mengeluarkan kebijakan jadwal kunjungan terhadap sekolah yang berada di bawah naungannya untuk dapat berkunjung dan memeriahkan pojok edukasi dalam pagelaran Samboja Expo 2018.

Lapak Baca yang berada di tengah-tengah keramaian dan hingar bingar stan pameran dan hiburan tidak mengganggu para pengunjung Lapak Baca, mereka tetap fokus dalam dunianya sendiri, dunia baca, dunia literasi, dunia edukasi yang menawarkan rasa ingin tahu positif untuk dirinya.

Kesempatan yang jarang ini merupakan seperti pelepas rindu bagi anak-anak yang membutuhkan buku-buku bacaan dibandingkan dengan gadget atau media virtual. Tugas kita selaku orang tua ataupun manusia dewasa  seharusnya mampu mengarahkan dan menanamkan minat baca buku sejak usia dini. Kitalah fasilitator dalam menyediakan ruang dan tempat bagi anak-anak untuk mempunyai peluang dan kesempatan untuk menjadi penyumbang angka tingginya minat literasi di Indonesia dan luasnya wawasan, karena membaca masih merupakan jendela dunia. Salam Literasi. (adr)

 

Foto Terkait

Do you like the information above?

Latest content