NewsBMB Thu, 3 December 2020
PERTANIAN

10 Buah-Buahan yang Baik Dikonsumsi Untuk Meningkatkan Imunitas

img

ilustrasi buah-buahan

Kekebalan tubuh atau imunitas begitu penting, pasalnya, sistem imun dapat menjaga tubuh dari serangan virus dan penyakit. Dengan begitu, tubuh menjadi lebih sehat dan tak mudah sakit. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga imunitas tubuh, mulai dari istirahat yang cukup, olahraga secara rutin, serta menjaga asupan makanan, salah satunya adalah dengan makan buah-buahan. Lantas, buah apa saja yang sebenarnya memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh? Berikut ulasannya.

Apa Itu Sistem Imunitas

Sistem imunitas sendiri adalah sebuah kekebalan tubuh atau sistem pertahanan yang memiliki fungsi untuk dapat mengenali sekaligus menghancurkan berbagai sel abnormal atau benda-benda asing yang dapat merugikan atau membahayakan bagi tubuh.

Sistem imunitas sendiri memang berfungsi sebagai pertahanan tubuh untuk memerangi patogen. Ketika patogen tersebut masuk, nantinya molekul atau antigen yang bertempat pada lapisan organisme atau dinding sel bakteri akan merangsang imunitas guna menghasilkan antibodi yang dapat melawan sekaligus untuk melindungi tubuh dari serangan patogen tadi.

10 Buah yang Memiliki Khasiat untuk Meningkatkan Imunitas

Berikut 10 buah yang memiliki berbagai kandungan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

1. Kiwi

Buah yang satu ini dikenal memiliki berbagai manfaat yang baik untuk tubuh termasuk meningkatkan sistem imun. Dibalik ukurannya yang kecil, kiwi ternyata menyimpan berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh, diantaranya kalium, folat, vitamin K, serta vitamin C yang berguna untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap baik.

Bukan hanya itu, buah berwarna hijau ini juga dipercaya dapat mencegah flu serta pilek yang menyerang tubuh. Tak ada ruginya membeli buah yang satu ini.

2. Stroberi

Buah dengan rasa menyegarkan ini menjadi salah satu yang dapat menjaga sistem imun. Sama seperti kiwi, stroberi juga diperkaya dengan kandungan vitamin C yang dikenal dapat menjaga daya tahan tubuh agar tetap prima.

Tak berhenti di situ, buah berwarna kemerahan ini juga diperkaya dengan kandungan antioksidan, folat, serta mangan yang dapat menjaga tubuh agar tetap sehat. Tak hanya memiliki banyak nutrisi, stroberi juga bisa diolah menjadi makanan sehat yang nikmat, tapi mulai jus buah, salad buah, maupun makanan dessert lainnya. Sebelum menyantapnya, pastikan untuk mencuci buah ini sampai bersih terlebih dahulu.

3. Pepaya/Kates

Buah selanjutnya adalah papaya. Sejak dulu, papaya memang dikenal memiliki berbagai manfaat yang baik untuk tubuh terutama masalah pencernaan. Namun, siapa sangka jika buah yang satu ini juga memiliki segudang manfaat lain, termasuk menjaga maupun meningkatkan daya tahan tubuh. Pasalnya, buah dengan bentuk lonjong ini memiliki kandungan vitamin C di dalamnya.

Bahkan, kandungan vitamin C dalam buah ini cukup besar. Apalagi, papaya juga memiliki harga yang cukup terjangkau. Ternyata, sehat itu tak perlu mahal, kita bisa mengkonsumsi pepaya untuk memperoleh berbagai manfaatnya.

4. Jeruk

Bicara mengenai vitamin C, tentu yang terlintas dalam pikiran adalah jeruk bukan? Buah bundar yang satu ini memang memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C. Sehingga tak aneh rasanya jika jeruk masuk ke dalam jenis buah yang dapat meningkatkan imunitas.

Sama halnya dengan pepaya, jeruk juga mudah sekali untuk ditemukan. Terlebih, buah berwarna orange ini juga memiliki cukup banyak jenis yang berbeda. Tak masalah untuk memilih jenis manapun, setiap jenisnya baik untuk dikonsumsi dan memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Beberapa jenis jeruk yang dapat dikonsumsi adalah jeruk lemon, jeruk mandarin, serta jeruk bali dan berbagai jenis jeruk lainnya.

5. Blueberry

Buah berwarna cantik ini bukan hanya memanjakan mata dengan tampilan yang segar, namun juga memanjakan tubuh berkat kandungan di dalamnya. Sama halnya dengan stroberi, blueberry juga baik untuk menjaga sistem imun atau kekebalan tubuh.

Bioflavonoid atau yang juga bisa disebut dengan anthocyanin menjadi salah satu kandungan yang terdapat pada buah blueberry. Kandungan tersebut ternyata memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu untuk meningkatkan imunitas.

Supaya lebih maksimal, disarankan untuk makan satu mangkuk blueberry dengan tambahan buah berry lainnya sebagai pelengkap.

6. Jambu Biji

Kandungan vitamin C pada jambu biji ternyata justru lebih besar dari kandungan vitamin C pada buah jeruk. Maka, tak aneh rasanya, jika buah yang satu ini bisa dikonsumsi untuk tujuan meningkatkan sistem imun. Bukan hanya bisa disantap secara langsung, jambu bisa juga bisa diolah menjadi jus yang segar.

7. Semangka

Tak kalah dengan buah yang sudah disebutkan sebelumnya, buah yang satu ini juga memiliki manfaat untuk menjaga imunitas tubuh. Memiliki ukuran yang cukup besar, semangka juga diperkaya dengan rasa menyegarkan serta kandungan air yang membuat buah ini lebih mudah untuk dinikmati.

Semangka sendiri memiliki kandungan antioksidan bernama glutathione. Kandungan tersebut ternyata dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik.

Selain itu, buah dengan warna daging merah tersebut juga diperkaya dengan adanya vitamin C serta likopen. Kandungan likopen memiliki fungsi guna mencegah timbulnya infeksi serta mengurangi peradangan pernapasan.

8. Delima

Buah yang satu ini juga memiliki tampilan yang memikat. Warna kulitnya yang merah dan mengkilap menjadikan delima mudah dibedakan dengan jenis buah lainnya. Delima juga memiliki berbagai manfaat termasuk untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Pasalnya, buah yang satu ini diperkaya dengan polifenol, antioksidan, serta memiliki sifat anti inflamasi yang sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan. Tak hanya itu, kandungan pada buah delima juga dapat untuk mengatasi pilek, serta dapat menurunkan tekanan darah.

9. Nanas

Buah nanas menjadi salah satu buah yang sangat mudah ditemukan maupun ditanam di Indonesia. Buah berwarna kuning tersebut memiliki kandungan vitamin C tinggi yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, nanas juga memiliki kandungan bromelain yang berfungsi sebagai anti peradangan sekaligus dapat meningkat kekebalan tubuh.

Mengkonsumsi nanas yang matang secara langsung lebih disarankan supaya hasilnya lebih maksimal. Namun, bisa juga mengkonsumsi buah ini dalam bentuk jus supaya rasanya lebih segar dan nikmat atau campur jus nanas dengan buah lain supaya rasanya lebih bervariasi.

10. Mangga

Buah terakhir yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh adalah mangga. Buah yang satu ini diperkaya dengan berbagai kandungan nutrisi, dari mulai folat, vitamin C, vitamin A, Vitamin E, serta kandungan lainnya. Tak heran jika buah tersebut memiliki begitu banyak manfaat bagi tubuh.

Itulah 10 buah yang mampu menjaga serta meningkatkan imunitas. Mengkonsumsi buah sendiri begitu baik untuk tubuh. Selain kandungan vitamin yang terdapat didalamnya, buah juga diperkaya serat yang baik untuk metabolisme. Tubuh bisa lebih sehat dengan mengkonsumsi berbagai buah yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kita dapat lebih prima dan terhindar dari berbagai penyakit. Yuk, beli berbagai buah tersebut untuk memulai hidup yang lebih sehat.

(deqo)

Indonesia NewsBMB Buah Buah-buahan Segar Sehat Organik