NewsBMB Tue, 5 October 2021
PRESTASI WARGA INDONESIA

1001 Sebab, Kenapa Kita Harus Mencintai Negara Indonesia

img

Banyak generasi muda penerus bangsa Indonesia yang mempertanyakan mengapa kita harus mencintai tanah air sendiri. Entah mereka lupa atau merasa acuh dengan perjuangan para pahlawan, untuk lepas dari jeratan penjajah dan merdeka atas kekuatan bangsanya sendiri.

Padahal sebagai generasi penerus bangsa, banyak alasan dan hal yang bisa kita lakukan untuk memajukan tanah air Indonesia tercinta. Berikut ini alasan dan cara bagaimana anak muda Indonesia harus mencintai bangsa dan negaranya sendiri.

Mengapa Kita Harus Mencintai Tanah Air?

Banyak yang bertanya, kenapa kita harus mencintai Indonesia brainly? Karena para pahlawan telah mengorbankan hidupnya untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita sebagai generasi muda untuk meneruskan perjuangan dari pahlawan tersebut.

Lalu, mengapa kita harus mencintai Indonesia dan membela serta mempertahankan NKRI? Perjuangan pahlawan yang melawan penjajah tanpa kenal lelah harus kita jaga dengan mempertahankan kedaulatan serta NKRI. Dengan begitu, perjuangan dari para pahlawan tidak sia-sia begitu saja.

Ada banyak alasan mengapa kita harus mencintai tanah air dan mempertahankan keutuhan negara Indonesia, seperti berikut:

  • Indonesia memiliki beragam kuliner
  • Kekayaan alam Indonesia berlimpah
  • Memiliki suku, budaya, agama dan bahasa yang beragam
  • Penduduknya terkenal ramah

Bagaimana Kita Harus Mencintai Tanah Air?

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mencintai tanah air Indonesia. Bahkan, dengan melakukan hal-hal kecil sekali pun, kita bisa menunjukkan rasa cinta kita kepada tanah air Indonesia. Berikut ini enam cara mudah mencintai tanah air kita Indonesia yang bisa dilakukan oleh semua masyarakat.

  1. Belajar sungguh-sungguh untuk kecerdasan bangsa
  2. Memiliki rasa bangga sebagai bangsa Indonesia
  3. Menggunakan hak pilih ketika pemilihan umum
  4. Mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku di Indonesia
  5. Merasa bangga menggunakan produk asli Indonesia
  6. Perlu menjaga nama baik dan martabat bangsa

5 Cara Mencintai Tanah Air ala Gen Z dan Milenial

Menurut data sensus penduduk tahun 2020, jumlah masyarakat Indonesia yang termasuk ke dalam generasi milenial  telah mencapai 69, 38 juta jiwa penduduk atau sebesar 25,87%, menempati posisi kedua sebagai jumlah penduduk terbanyak di Indonesia.

Sedangkan, jumlah masyarakat yang termasuk ke dalam generasi Z telah menjadi jumlah penduduk terbesar pertama di Indonesia yang mencapai 75,49 juta jiwa atau 27,94% dari jumlah keseluruhan masyarakat Indonesia.

Mengapa kita harus mencintai tanah air? Tentunya, dengan jumlah yang besar ini, akan menjadikan generasi milenial dan Z menjadi generasi paling banyak di Indonesia serta akan menjadi kelompok produktif terbanyak dalam waktu dekat.

Oleh kaRena itu, penting bagi generasi penerus bangsa ini untuk mencintai tanah airnya sendiri agar bisa memajukan Indonesia dan menyiapkannya untuk bersaing dengan negara-negara lainnya di luar sana.

  1. Cinta Produk Asli dalam Negeri

Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh generasi muda bangsa adalah mencintai produk asli dalam negeri dan bangga menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Karena, kualitas dan produk Indonesia tidak kalah dengan produk luar negeri lainnya.

Dengan menggunakan produk asli dalam negeri, berarti kamu telah membantu ikut serta memajukan perekonomian bangsa.

  1. Mengatakan Tidak pada Barang Bajakan

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mencintai tanah air sebagai generasi muda adalah dengan tidak menggunakan barang bajakan. Sebaiknya, kamu meninggalkan kebiasan untuk mengunduh lagu atau film dari situs ilegal yang merugikan para kreator dan seniman yang terlibat.

Karena, proses pembuatan karya seni maupun karya lainnya melewati proses yang panjang dan sulit. Jadi, hal mudah yang dapat kamu lakukan adalah dengan tidak menggunakan, melihat dan mendengarkan produk bajakan.

  1. Menaati Peraturan Hukum dan Lalu Lintas yang Berlaku

Sebagai warga negara Indonesia, kita perlu mematuhi semua peraturan hukum dan lalu lintas yang berlaku. Karena, dengan mematuhi peraturan hukum dan lalu lintas, hidup kita akan lebih terarah.

Terutama peraturan lalu lintas, keberadaan peraturan ini dimaksudkan untuk kebaikan semua pengguna jalan raya, baik itu pengendara mobil, motor dan kendaraan lainnya beserta pejalan kaki.

Dengan kesadaran untuk menaati lalu lintas yang tinggi dari semua generasi muda dan masyarakat lainnya, maka lalu lintas yang aman dan tertib bukan sekedar impian semata.

  1. Tidak Menyebar Berita Kebohongan atau Hoaks

Teknologi yang berkembang dengan pesat telah membuat generasi muda akrab dengan internet. Tak hanya memberikan dampak positif untuk pengetahuan, namun, internet juga memiliki dampak negatif yang bisa memberikan masalah jika digunakan dengan cara yang salah.

Salah satunya adalah adanya berita palsu atau berita hoax. Penyebaran berita palsu ini semakin cepat seiring dengan teknologi yang berkembang. Sehingga, dibutuhkan penyaringan berita yang tepat untuk mengurangi penyebarannya.

Sebagai generasi muda, kita perlu mengurangi tersebarnya berita hoax ini dengan selalu memeriksa sumber berita sebelum memposting-nya ke internet. Karena, meminimalisir berita hoax dan ujaran kebencian lainnya akan membuat kita lebih nyaman dalam menggunakan internet.

 

Jadi, jawablah dengan tegas saat ada yang menanyakan mengapa kita harus mencintai tanah air? Karena kita generasi penerus bangsa. Kita adalah calon-calon pemimpin bangsa Indonesia. Maka, sudah sepatutnya kita mencintai tanah air Indonesia. Demi Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh dan berjaya.

Referensi:

https://www.aswata.co.id/id/berita/info-tips/630-7-cara-lebih-mencintai-tanah-air-untuk-generasi-milenial

INDONESIA CINTA TANAH AIR INDONESIA RAYA NKRI MAKMUR SELALU