NewsBMB Wed, 8 April 2020
TEKNOLOGI

5 Alasan Penting Mengapa Anda Harus Menggunakan Pemrograman Python

img

Logo Pemrograman Python

Menurut Indeks Komunitas Pemrograman TIOBE terbaru, Python adalah salah satu dari 10 bahasa pemrograman populer. Python adalah tujuan umum dan bahasa pemrograman tingkat tinggi. Kita dapat menggunakan Python untuk mengembangkan aplikasi GUI desktop, situs web, dan aplikasi web. Juga, Python, sebagai bahasa pemrograman tingkat tinggi, memungkinkan Anda untuk fokus pada fungsionalitas inti aplikasi dengan menangani tugas-tugas pemrograman umum. Aturan sintaksis sederhana dari bahasa pemrograman lebih lanjut membuat Anda lebih mudah menjaga agar basis kode tetap dapat dibaca dan aplikasi tetap terpelihara. Ada juga sejumlah alasan mengapa Python lebih disukai daripada bahasa pemrograman lain.


5 Alasan Mengapa Anda Harus Pertimbangkan Menulis Aplikasi Perangkat Lunak dengan Python


1) Kode yang Dapat Dibaca dan Dapat Dipertahankan
Saat menulis aplikasi perangkat lunak, Anda harus fokus pada kualitas kode sumbernya untuk menyederhanakan pemeliharaan dan pembaruan. Aturan sintaksis Python memungkinkan Anda untuk mengekspresikan konsep tanpa menulis kode tambahan. Pada saat yang sama, Python, tidak seperti bahasa pemrograman lain, menekankan pada keterbacaan kode, dan memungkinkan Anda untuk menggunakan kata kunci bahasa Inggris alih-alih tanda baca. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan Python untuk membangun aplikasi khusus tanpa menulis kode tambahan. Basis kode yang mudah dibaca dan bersih akan membantu Anda memelihara dan memperbarui perangkat lunak tanpa meluangkan waktu dan upaya ekstra.

2) Beberapa Paradigma Pemrograman
Seperti bahasa pemrograman modern lainnya, Python juga mendukung beberapa paradigma pemrograman. Ini mendukung pemrograman berorientasi objek dan terstruktur sepenuhnya. Juga, fitur bahasanya mendukung berbagai konsep dalam pemrograman fungsional dan berorientasi aspek. Pada saat yang sama, Python juga memiliki sistem tipe dinamis dan manajemen memori otomatis. Paradigma pemrograman dan fitur bahasa membantu Anda menggunakan Python untuk mengembangkan aplikasi perangkat lunak yang besar dan kompleks.

3) Kompatibel dengan Platform dan Sistem Utama
Saat ini, Python mendukung banyak sistem operasi. Anda bahkan dapat menggunakan interpreter Python untuk menjalankan kode pada platform dan alat tertentu. Juga, Python adalah bahasa pemrograman yang ditafsirkan. Ini memungkinkan Anda menjalankan kode yang sama di beberapa platform tanpa kompilasi ulang. Karenanya, Anda tidak diharuskan untuk mengkompilasi ulang kode setelah membuat perubahan apa pun. Anda dapat menjalankan kode aplikasi yang dimodifikasi tanpa mengkompilasi ulang dan memeriksa dampak perubahan yang dilakukan terhadap kode dengan segera. Fitur ini memudahkan Anda untuk membuat perubahan pada kode tanpa menambah waktu pengembangan.

4) Perpustakaan Standar Yang Kuat
Pustaka standarnya yang besar dan kuat membuat skor Python melebihi bahasa pemrograman lain. Perpustakaan standar memungkinkan Anda untuk memilih dari berbagai modul sesuai dengan kebutuhan Anda. Setiap modul selanjutnya memungkinkan Anda untuk menambahkan fungsionalitas ke aplikasi Python tanpa menulis kode tambahan. Misalnya, saat menulis aplikasi web dengan Python, Anda dapat menggunakan modul khusus untuk mengimplementasikan layanan web, melakukan operasi string, mengelola antarmuka sistem operasi atau bekerja dengan protokol internet. Anda bahkan dapat mengumpulkan informasi tentang berbagai modul dengan menjelajahi dokumentasi Python Standard Library.

5) Banyak Kerangka Sumber Terbuka dan Alat
Sebagai bahasa pemrograman open source, Python membantu Anda mengurangi biaya pengembangan perangkat lunak secara signifikan. Anda bahkan dapat menggunakan beberapa kerangka kerja sumber terbuka Python, perpustakaan dan alat pengembangan untuk mengurangi waktu pengembangan tanpa meningkatkan biaya pengembangan. Anda bahkan memiliki pilihan untuk memilih dari berbagai kerangka kerja sumber terbuka Python dan alat pengembangan sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, Anda dapat menyederhanakan dan mempercepat pengembangan aplikasi web dengan menggunakan kerangka kerja web Python yang kuat seperti Django, Flask, Pyramid, Bottle dan Cherrypy. Demikian juga, Anda dapat mempercepat pengembangan aplikasi GUI desktop menggunakan kerangka dan toolkit GUI Python seperti PyQT, PyJs, PyGUI, Kivy, PyGTK dan WxPython.

Namun, Python, seperti bahasa pemrograman lainnya, memiliki kekurangannya sendiri. Itu tidak memiliki beberapa fitur built-in yang disediakan oleh bahasa pemrograman modern lainnya. Karenanya, Anda harus menggunakan pustaka, modul, dan kerangka kerja Python untuk mempercepat pengembangan perangkat lunak khusus. Juga, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa Python lebih lambat dari beberapa bahasa pemrograman yang banyak digunakan termasuk Java dan C ++. Anda harus mempercepat aplikasi Python dengan membuat perubahan pada kode aplikasi atau menggunakan runtime kustom. Tetapi Anda selalu dapat menggunakan Python untuk mempercepat pengembangan perangkat lunak dan menyederhanakan pemeliharaan perangkat lunak

(dirangkum dari berbagai sumber)