NewsBMB Thu, 3 December 2020
EKONOMI & BISNIS

7 Rempah & Rimpang yang Manjur Untuk Kesehatan

img

contoh rempah dan rimpang

Menjaga tubuh agar tetap sehat bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengkonsumsi bahan-bahan alami. Rempah dan rimpang, bisa menjadi salah satu alternatif karena ternyata kandungan gizinya bisa menunjang kesehatan. Penasaran, apa saja jenis rempah Indonesia yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh tersebut?

Rempah merupakan salah satu atau beberapa bagian sebuah tumbuhan, yang punya aroma khas. Biasanya dipakai untuk memberikan aroma dan menambah rasa sedap, pada masakan. Sedangkan rimpang merupakan bagian batang tanaman, dengan pola tumbuh di bawah tanah. Dalam dunia kuliner rempah dan rimpang ini banyak dimanfaatkan, jadi sangat wajar jika tujuh diantaranya sudah sangat familiar bagi kita.

1. Pala

Rempah ini asalnya dari Maluku, bagian yang sering digunakan adalah bijinya dengan aroma khas. Biasanya pala diolah dengan membuka cangkang biji, kemudian biji tersebut dihaluskan dan dicampur ke dalam masakan bersama rempah lainnya.

Rempah berwarna coklat tua ini, memiliki banyak kandungan hebat diantaranya karbohidrat, sodium, vitamin A, B1, dan C. Ada juga Kalsium, Sodium, asam Oleanolat, dan berbagai protein penting. Wajar jika menjadi salah satu rempah yang bermanfaat untuk kesehatan, mau tahu apa saja manfaatnya?

     * Cegah Anemia

Pala mengandung zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh. Ketika kita kelelahan dan berpotensi insomnia, maka mengkonsumsi pala dalam bentuk minuman bisa menambah zat besi agar sel darah merah tetap terjaga kualitas dan kuantitasnya.

     * Cegah Insomnia

Penyebab orang susah tidur, salah satunya karena saraf yang tidak rileks akibat berbagai kondisi. Magnesium, bisa menjadi salah satu zat yang akan meminimalisir ketegangan saraf tersebut. Daripada mengkonsumsi zat tersebut dari obat kimia, lebih baik memanfaatkan buah pala yang juga kaya magnesium.

       * Memaksimalkan Kualitas Tulang

Mengkonsumsi buah pala, dengan cara yang tepat akan membantu tulang tidak kekurangan Kalsium sehingga tidak mudah keropos.

       * Bahan Detoksifikasi Alami

Sebagai bahan tonik, Pala bisa menjadi solusi tepat untuk melakukan detoksifikasi tubuh. Racun yang ada di dalam tubuh, akan dipaksa keluar dengan cara alami. Proses ini, juga membantu ginjal dan hati bekerja lebih normal tidak melebihi kapasitasnya.

2. Cengkeh

Merupakan rempah asli Indonesia, yang berasal dari kuncup bunga dari family Myrtaceae. Biasanya dipakai untuk membuat masakan berkuah dan cenderung pedas. Cengkeh juga jadi bahan pembuatan rokok jenis kretek dan banyak dibudidayakan di berbagai daerah. Kandungan rempah ini diantaranya Karbohidrat, serat alami, Vitamin C, E, dan K. juga ada Magnesium, Mangan, dan energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Bicara soal manfaat rempah ini untuk kesehatan sangat banyak, tiga diantaranya adalah:

    * Pengendali Gula Darah

Kolaborasi kandungan cengkeh dengan Nigericin di dalam tubuh manusia, dapat membuat tubuh menyerap gula darah lebik baik termasuk menghasilkan insulin yang cukup. Makanya sering dijadikan bahan pendamping, bagi penderita diabetes dalam diet penyembuhan.

      * Obat Maag

Dari sejumlah penelitian yang dilakukan para ahli, ditemukan bahwa cengkeh akan membantu produksi enzim penting di dalam lambung. Sehingga gerak peristaltik lebih lancar dan asam lambung tidak naik.

     * Anti Kanker

Antioksidan jenis eugenol di dalam cengkeh, dapat mengurangi perkembangan sel kanker di dalam tubuh. Dari segi medis, ada yang menyebutkan bahwa kemampuan antioksidan kanker pada cengkeh lima kali lebih efektif ketimbang antioksidan jenis lain.

3. Jintan

Aroma jintan memang sangat khas, apalagi kandungannya yang cukup lengkap. Rempah Indonesia ini, juga manjur untuk dijadikan solusi menjaga kesehatan. Terutama bagi penderita penyakit tekanan darah tinggi dan diabetes.

Selain itu, juga dapat membantu melawan infeksi di dalam tubuh dan meningkatkan stamina pada pria. Cukup dengan membuat ramuan jintan yang diberi madu, maka manfaat hebatnya sudah bisa dirasakan oleh tubuh.

4. Kayu Manis

Sebagai salah satu bumbu makanan paling tua di dunia, sampai saat ini penggunaan kayu manis masih sangat populer. Bukan hanya untuk makanan, tapi juga berbagai minuman kesehatan. Bagian utama dari tanaman bernama latin Cinnamomum verum ini yang bermanfaat untuk kesehatan adalah, daun dan kayu yang sudah dikeringkan.

Lantas apa saja manfaatnya untuk kesehatan? Dari sejumlah studi medis ditemukan bahwa, mengkonsumsi kayu manis dengan dosis yang tepat, akan menyembuhkan penyakit influenza, menambah nafsu makan, mengurangi potensi Bronkitis, dan bisa menjadi obat penyembuh diare. Kandungan antioksidan dan anti radang yang ada di dalam kayu manislah, yang menjadi alasan utama manfaat tersebut.

5. Kunyit

Beralih pada rimpang Indonesia, yang juga sangat banyak khasiatnya untuk kesehatan. Pertama adalah, kunyit atau dikenal dengan nama Turmeric. Rimpang ini memiliki kandungan penting bagi tubuh seperti Kalsium, minyak atsiri, Kurkumin, Fruktosa, Ze, dan masih banyak lagi.

Makanya dalam dunia medis, sering dijadikan ekstrak untuk membuat berbagai jenis obat-obatan. Jika dikonsumsi alami dengan cara direbus atau dicampur dengan bahan alami lain, kunyit bermanfaat untuk: Mengatasi masalah infeksi dan radang yang terjadi di permukaan kulit dan otot, Mengatasi masalah tukak lambung bagi penderita maag akut, Mengurangi sakit saat menstruasi pada wanita, Obat ampuh mencegah penyebaran sel kanker di dalam tubuh

6. Jahe

Siapa tak kenal jahe, salah satu rimpang yang populer di dunia kuliner dan kesehatan. Perpaduan rasa pedas dan panas yang dimilikinya, membuat tanaman dengan nama latin Zingiber officinale ini banyak dijadikan stok bumbu dapur utama.

Jahe memiliki kandungan penting yaitu Sodium, Potasium, Protein, Energi, Vitamin C dan sejumlah mineral yang sangat dibutuhkan tubuh saat proses metabolisme. Rimpang ini punya manfaat untuk menunda terjadinya penuaan, meminimalisir radang dan infeksi di dalam tubuh, mengurangi rasa mual yang diakibatkan sakit kepala seperti Vertigo dan efek kehamilan trimester pertama.

Tak hanya itu, jahe juga menjadi peningkat daya tahan tubuh karena mengandung antioksidan penting. Juga mengurangi rasa nyeri, akibat salah urat dan keseleo dan obat flu dan pilek yang sangat manjur. Biasanya untuk dijadikan obat alami, jahe cukup direndam dan airnya diminum bersama madu. Bisa juga diparut dan saripatinya dijadikan minuman pengganti suplemen berbahan kimia.

7. Kencur

Ada satu lagi rimpang yang juga tak kalah manjur, untuk dijadikan obat berbagai penyakit yaitu kencur. Di dalam rimpang kencur, terdapat banyak mineral dan minyak atsiri penting, seperti sineol, borneol alkaloid, asam anisat, dan asam sinamat.

Sedangkan manfaatnya, juga tak kalah dari rimpang lainnya seperti membantu mengobati kencing batu dengan cara meminum air parutan kencur yang diberi garam. Bagi yang mengalami batuk dan sakit tenggorokan, juga bisa mengkonsumsi kencur untuk meredakannya.

Buat yang bermasalah dengan nafsu makan, bisa mengkonsumsi kencur sebagai penambah nafsu makan alami. Jadi, tak perlu lagi membeli suplemen yang di dalamnya mengandung bahan kimia.

Demikianlah penjelasan yang sangat penting bagi kita, untuk menjaga kesehatan Ternyata bahan alami di sekitar kita bisa jadi solusinya, tinggal pilih mau menggunakan rempah Indonesia atau rimpang. Kemudian diolah dengan cara yang tepat, maka manfaat dahsyatnya akan dirasakan untuk jangka waktu yang lama.

(deqo)

NewsBMB Indonesia Rempah Rimpang Sehat