NewsBMB Thu, 8 October 2020
TEKNOLOGI

9 Keunggulan Bahasa Pemrograman Python yang Perlu Diketahui

img

Logo Siluet Bahasa Pemrograman Phyton

Bahasa pemrograman Python sudah banyak digunakan dalam aplikasi, website, software hingga game. Tak heran, banyak perusahaan yang ingin menggunakan Python untuk platform-nya.

 

 

 

 

 

 

 

Bahasa pemrograman merupakan instruksi yang diberikan kepada perangkat komputer agar melakukan hal yang diinginkan, salah satunya adalah Python. Selain dianggap memiliki struktur yang sederhana, Python juga sangat mudah dipelajari oleh pemula.

Saat ini, banyak perusahaan teknologi yang ingin menggunakan Python untuk mengembangkan platform-nya. Beberapa perusahaan besar yang menggunakan pemrograman berbasis platform ini adalah YouTube, Instagram, Spotify, Google, Facebook, Pinterest, Netflix, Reddit, dan masih banyak lainnya.

Bagi yang ingin mempelajari pemrograman web, maka harus mengetahui apa itu Python dalam dunia coding. Ada berbagai keunggulan yang dimiliki oleh Python, yaitu:

Keunggulan dari Bahasa Pemrograman Python

Banyak pengguna yang merasa senang dan memilih menggunakan Python dibanding bahasa lainnya. Pada dasarnya, bahasa yang ditawarkan Python sangat sederhana dan mudah dipelajari. Berikut ini adalah keunggulannya:

  1. Sangat Mudah Dipelajari

Jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman komputer lainnya, Python lebih mudah untuk dipelajari. Sebab, Python memiliki sintaks yang sederhana dan mudah dimengerti oleh pemula sekalipun.

Pengembangan bahasa Python juga bisa dilakukan dengan cepat, karena menggunakan kode yang lebih sedikit. Python memiliki bahasa yang dinamis dan disesuaikan dengan tingkat baca kode yang tinggi. Maka dari itu, Python lebih mudah dipahami.

  1. Mendukung IoT

Python juga mendukung ekosistem Internet of Things (IoT). Saat ini, IoT sedang dikembangkan oleh para maker. IoT merupakan teknologi yang dapat menghubungkan benda-benda di sekitar kita ke jaringan internet.

Bahasa ini juga sangat populer, karena sudah banyak sistem IoT yang menggunakan Python. Sudah ada berbagai jenis board yang digunakan untuk menjalankan sistem IoT, salah satunya adalah pemrograman Raspberry Pi.

  1. Ada Library yang Cukup Luas

Bahasa Python memiliki banyak library yang bisa digunakan dengan berbagai modulnya. Ada berbagai jenis kode yang bisa digunakan, yaitu unit testing, regular expressions, database, documentation-generation, email, CGI, dan lainnya.

Kehadiran library tersebut tentunya sangat memudahkan kita, karena tidak perlu menulis secara manual lagi.

  1. Bersifat Fleksibel

Kode program yang ditulis dengan bahasa Python bisa diaplikasikan di hampir seluruh sistem operasi, seperti Mac, Linux, Windows hingga perangkat seluler.

Selain itu, kode Python juga bisa dihubungkan dengan aplikasi yang ditulis dalam bahasa pemrograman berbasis web lain. Contohnya, kode Python bisa dipanggil dari kode C/C++.

  1. Meningkatkan Produktivitas Developer

Bahasanya yang mudah digunakan telah membuat para developer menjadi lebih produktif. Apalagi, Python memiliki library yang cukup luas. Dengan adanya Python, kita hanya perlu menulis kodenya lebih sedikit, sehingga ada waktu luang untuk mengerjakan hal lainnya.

  1. Open Source dan Bisa Diunduh Gratis

Python adalah bahasa open source dan bisa diunduh secara gratis. Bahasa Python berada di bawah lisensi open source yang telah disetujui oleh OSI, bahwa bahasa tersebut bebas digunakan atau dikembangkan.

Selain keunggulan di atas, Python juga memiliki kekurangan. Sama seperti jenis lainnya, tidak ada bahasa pemrograman coding yang sempurna. Kelemahan yang dimiliki oleh Python adalah:

  • Tidak cocok digunakan dalam aplikasi mobile.
  • Memiliki performa yang lebih lambat dibanding bahasa lainnya.
  • Pengguna akan kesulitan saat beralih ke bahasa lain.
  • Adanya kesalahan yang terjadi saat run-time.
  • Hanya sedikit developer yang menggunakan bahasa Python.

Mengapa Harus Belajar Python?

Bahasa Python memang sangat sederhana dan mudah dipahami pemula. Saat pemrograman Java dan pemrograman C++ membutuhkan barisan kode, maka Python hadir sebagai alternatif. Hal itu dikarenakan Python menggunakan tata bahasa seperti sedang berbicara dengan komputer.

Berikut ini adalah alasan mengapa kita harus mempelajari Python:

  • Mendapatkan Ilmu Tentang Coding

Jika ingin mendapatkan ilmu tentang coding, maka Python adalah jawabannya. Sebab, Python dapat dilakukan dengan cepat dan efektif. Selain itu, pemula juga bisa memahaminya secara langsung,

  • Banyak Digunakan di Perusahaan Besar

Seperti yang sudah dijelaskan, ada banyak perusahaan yang ingin menggunakan Python. Selain itu, Python juga bisa menjadi ladang penghasilan tambahan.

  • Bisa Dipelajari Secara Gratis

Ada beberapa lembaga yang menggelar tutorial Python secara gratis di situs resminya. Biasanya, tutorial tersebut ditujukan untuk pemula, kemudian diberikan materi khusus tanpa perlu pengalaman sebelumnya.

  • Bekerja di Bidang IT

Mempelajari kode Python sama saja mengamankan masa depan kita untuk mengembangkan internet. Nantinya, kita bisa bekerja di bidang IT atau teknologi informasi.

Beberapa Bahasa Python yang Biasa Ditemui dalam Kehidupan Sehari-hari

Python menjadi salah satu bahasa pemrograman jaringan yang digunakan oleh software engineers, data analysis, dan data scientists untuk mengoperasikan aplikasi dan mengecek machine learning.

Sebenarnya, ada beberapa bahasa Python yang biasa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu:

  1. Website

Python menjadi bagian paling penting dalam website, seperti YouTube, Instagram, Pinterest, dan Spotify. Selain itu, Python juga menjadi bahasa yang paling banyak digunakan oleh developer di Indonesia untuk mengembangkan website dan aplikasi.

  1. Special Effect dalam Film

Jika gemar menonton film genre action, pastinya sering melihat adanya ledakan yang terjadi. Hal itu tak terlepas dari Python yang digunakan sebagai bagian special effect.

Salah satu perusahaan film yang menggunakan Python adalah Lucasfilm. Perusahaan tersebut menggunakan Python agar dapat memangkas waktu dalam pembuatan effect filmnya.

Penggunaan bahasa Python juga dapat memperkirakan adanya hal-hal yang terjadi pada suatu usaha yang diperlukan hingga saat ini.

  1. Artificial Intelligence (AI)

Kecerdasan buatan menjadi pondasi utama dalam perkembangan AI. Misalnya, pebisnis menggunakan fitur chat otomatis untuk menjawab berbagai pertanyaan dari konsumen.

Artinya, programmer bisa menggunakan Python untuk mengidentifikasi email dan jawabannya, lalu melakukan visual dengan jawaban yang diinginkan pebisnis.

Selain itu, Python juga bisa digunakan untuk memprediksi model jawaban pertanyaan melalui aplikasi chatbot dengan respons yang sangat cepat.

Python menjadi sebuah bahasa yang mengalami perkembangan pesat. Apalagi, kelebihannya sangat dirasakan oleh para penggunanya. Jika tidak ingin menghabiskan waktu untuk melakukan platform aplikasi, maka bisa menggunakan Python sebagai alternatif.

Pada era digital saat ini, Python sangat memudahkan kita untuk membuat aplikasi. Apalagi, Python dicari oleh banyak perusahaan besar untuk mengembangkan platform miliknya.

Bahasa pemrograman Python biasanya digunakan untuk mengembangkan aplikasi atau website. Selain itu, Python juga memiliki beberapa keunggulan dan bisa dipelajari dengan mudah.

(deqo)

 

Sumber:

https://idcloudhost.com/mengenal-apa-itu-bahasa-pemrograman-python-dan-cara-belajarnya/

https://appkey.id/blog/python-adalah/

https://www.dewaweb.com/blog/keunggulan-memahami-bahasa-pemrograman-python/

https://www.ekrut.com/media/4-kelebihan-bahasa-pemrograman-python

https://caraguna.com/kelebihan-dan-kekurangan-bahasa-pemrograman-pyhton/#5_Bahasa_yang_mudah_dipelajari_dan_mudah_digunakan

NewsBMB Technology