NewsBMB Thu, 3 December 2020
PERTANIAN

9 Sayur-Mayur Ini dapat Membantu Menjaga Kesehatan

img

ilustrasi sayuran

Saat mendengar kata sehat, apa yang langsung terbesit dipikiran? Olahraga, makanan dan minuman sehat, serta pola pikir positif. Ketiga hal tersebut menjadi kunci terpenting untuk memperoleh kesehatan jasmani secara maksimal. Pembicaraan ini semakin menarik, sebab tidak semua orang sependapat, bahwa hidup sehat itu mudah. Masih banyak dari kita yang menilai, jika tubuh sehat membutuhkan banyak tenaga dan uang. Pada kenyataannya, anggapan seperti itu muncul karena pikiran sudah terdominasi oleh kemalasan.

Contoh, tidak bisa olahraga dengan alasan sibuk kerja. Padahal tubuh hanya memperlukan 30 menit untuk melakukan aktivitas fisik. Kita tidak perlu berpikir berlebihan, sebab syarat olahraga cukup ringan dan fleksibel. Hal serupa juga terjadi untuk ketentuan asupan yang dikonsumsi. Pembahasan ini terbilang penting karena seperti yang diketahui, sekarang konsumen disuguhi oleh ragam makanan cepat saji yang mengandung tumpukan lemak, dan unsur tidak menyehatkan lainnya.

Makanan dengan sajian seperti ini memang sangat mengiurkan, tapi tidak bisa dimungkiri bahwa semua hidangan itu bukan asupan yang baik bagi tubuh. Jangan sampai hanya karena suka, kita mengonsumsinya setiap hari. Tentu saja tindakan ini, tidak akan adil untuk kesehatan badan. Beberapa penelitian menyebutkan, bahwa penyakit kronis dengan jenis baru semakin banyak bermunculan. Data tersebut merujuk pada semakin bervariatifnya makanan yang dikonsumsi oleh manusia.

Tidak salah jika belakangan ini, pemerintah kembali mengerakan program hidup sehat. Gerakan untuk membiasakan aktivitas fisik dan konsumsi sayur dikembali digalakan. Bahkan beberapa tahun ke belakang, style kembali pada alam diperkuat. Keadaan ini terbukti dari respon luar biasa publik akan produk-produk sehat, dan apapun yang berkaitan dengan alam disambut dengan baik. Sayur Indonesia menjadi bagian yang juga tidak luput dari perhatian. Tanah Air sebagai kawasan yang terkenal dengan sebutan agraris mempunyai pilihan sayur-mayur yang tak perlu diragukan kualitasnya.

Disini, kita bisa menikmati jenis sayuran yang segr sekaligus bernutrisi. Bahkan tidak jarang, rasa manis dan sensasi fresh dari sayuran mampu dirasakan karena proses pengelolaan yang sempurna.  Selain menunjang kesehatan, sayuran juga mempunyai peran penting untuk menutrisi kulit. Artinya, kita tidak hanya mendapat sehat karena nutrisi baik akan menunjang kecantikan secara natural. Bukankah kita selalu Jenis menginginkan paket komplit yang tidak mempunyai efek samping?

Jenis Sayur Indonesia yang Wajib Dikonsumsi

Belakangan ini, makanan sehat menjadi pilihan yang kembali banyak diminati oleh masyarakat. Keadaan tersebut kian terasa, sebab kesadaran publik akan pentingnya menjaga kesehatan sudah mulai mengalami peningkatan. Meskipun tetap saja, setiap elemen harus berusaha untuk menjaga diri sendiri dari berbagai ancaman kesehatan yang bisa datang kapan saja. Dari sekian banyak jenis makanan sehat yang tersedia di pasaran.

Sayur Indonesia menjadi pembicaraan yang banyak mencuri perhatian berbagai kalangan. Seperti yang sudah diketahui, Indonesia menjadi negara yang mempunyai jenis sayuran paling lengkap. Bahkan disini, kita bisa dengan mudah menemukan tanaman berkhasiat, hingga aneka bumbu dapur yang semuanya berasal dari alam. Sudah selayaknya, semua kekayaan SDA tersebut dimanfaatkan secara maksimal guna menunjang kesehatan badan. Nah, berikut 9 sayuran yang wajib kita konsumsi setiap hari:

1. Tomat

Tomat menjadi sayuran yang tidak hanya enak. Namun, mempunyai cita rasa unik yang membuat siapa saja mudah jatuh cinta kepadanya. Tomat sendiri memiliki beberapa jenis, sehingga kita bisa memanfaatkannya sesuai keinginan. Selain itu, buah dengan warna cerah ini mengandung zat-zat yang baik bagi kesehatan tubuh. Misalnya saja, serat pada tomat yang dipercaya ampuh melunturkan lemak. Kenyataan itu cukup mengiurkan, terutama bagi kita yang sedang menjalani program diet. Tidak sampai disini, sebab tomat juga memiliki zat likopen yang baik untuk mencegah tumbuhnya sel kanker dan penyakit kronis lainnya. Meskipun begitu, tetap konsumsi tomat sesuai porsi yang disarankan. Pasalnya, apapun yang dimakan secara berlebihan akan berdampak tidak baik bagi tubuh.

2. Brokoli

Brokoli sering disebut sebagai sayuran dengan 1001 khasiat. Sayur Indonesia yang satu ini cukup unik, sebab brokoli mempunyai visual mirip pohon beringin. Sedangkan untuk rasa, brokoli tidak berbeda jauh dari sayuran hijau lainnya. Sayuran tersebut semakin menarik, sebab brokoli kaya akan beta karoten. Dimana zat itu dipercaya, mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Tidak mengherankan, jika brokoli sering muncul pada campuran makanan pendamping bayi.

3. Wortel

Siapa dari kita yang tidak tahu wortel? Bisa dipastikan, semua orang tahu dan menyukai sayuran berwarna terang ini. Wortel sendiri mempunyai cita rasa manis yang kaya akan Vitamin A. Pada kenyataannya, wortel tidak baik untuk kesehatan mata. Sebab, berbagai penelitian mengungkap bahwa sayuran tersebut mengandung antioksidan tinggi, sekaligus Vitamin C.

4. Terong

Orang Indonesia bisa dipastikan tidak asing dengan sayuran terong. Biasanya, sayur ini mempunyai warna ungu dan hijau terang. Terong bisa dimasak menjadi berbagai olahan lezat. Kabar menyenangkannya, terong memiliki kandungan antioksidan berupa Nasunin. Seperti yang sudah diketahui, antioksidan berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga badan tidak mudah terkena penyakit. Selain itu, terdapat juga serat dan kalium yang bermanfaat untuk menghindari risiko terkena stroke.  

5. Paprika

Berikutnya, terdapat paprika yang selalu mengiurkan karena warna-warna cantiknya. Sayur Indonesia ini memang memiliki banyak keunggulan bagi tubuh. Terutama bagi kita yang sekarang, sibuk mengatur jadwal diet. Hal tersebut dikarena paprika mempunyai zat-zat unik yang dipercaya ampuh melunturkan lemak jahat. Selain itu, paprika juga baik bagi penderita stroke dan jantung. Sebab, sayuran berwarna cerah tersebut memiiliki kandungan likopen dalam jumlah tinggi.

6. Bayam

Bayam tidak mau ketinggalan masuk sebagai kotegori sayur Indonesia yang berkhasiat tinggi. Sayuran tersebut mudah bisa ditemukan diberbagai wilayah di Tanah Air. Menariknya, bayam mampu tumbuh tanpa perawatan rutin. Nah, untuk manfaatnya bayam merupakan sumber klorofil yang baik untuk tubuh.

7. Kubis

Sayuran yang juga bermanfaat bagi kesehatan adalah kubis. Meskipun warna hijau yang dimilikinya tidak terlalu kuat. Pada kenyataannya, kubis mengandung banyak Vitamin C. Bukan hal yang aneh, jika kubis mempunyai peran besar dalam mengurangi risiko serangan jantung serta diabetes. Walaupun seperti itu, kita tetap tidak diperkenankan mengonsumsi kubis dalam jumlah besar.

8. Seledri

Seledri bukan hanya berfungsi sebagai penambah rasa masakan. Sayuran dengan daun mungil tersebut, memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh. Biasanya, mereka yang menderita tekanan darah tinggi dan gangguan aliran darah lain disarakan memperbanyak konsumsi seledri. Semakin menyangkan karena sayuran tersebut bisa dijadikan menjadi jus yang sehat sekaligus lezat.

9. Mentimun

Sayur Indonesia yang selanjutnya adalah mentimun. Khasiat timun sendiri sudah diteliti oleh berbagai ahli. Dimana banyak dari mereka yang menyatakan, bahwa timun memiliki zat-zat unik yang baik bagi penderita hipertensi.

 

(deqo)

Indonesia NewsBMB Sayur Sayur-Mayur Sayuran Sayur Indonesia Segar Sehat Sehat