NewsBMB Sun, 28 June 2020
PERISTIWA

Banjir Kembali Menerjang Pemukiman Warga KM. 36 Sungai Merdeka Kecamatan Samboja

img

Tinggi banjir hampir mencapai lutut orang dewasa (pict by : Anggota Koramil 0906-06 Samboja)

Curah hujan yang cukup tinggi beberapa hari terakhir hingga hari ini Minggu (28/06/2020) menyebabkan banjir di Jl. Soekarno Hatta KM. 36 dalam RT. 06 Kelurahan Sungai Merdeka Kecamatan Samboja, sebelumnya banjir juga pernah terjadi pada bulan April 2020. Banjir yang menggenangi pemukiman warga ini berada di area perumahan Pondok Pesantren Al Hayat Samboja Kutai Kartanegara.

Menurut warga, "air mulai naik saat subuh, sekitar jam 05.00 Wita, terus bertambah hingga tengah hari ini ketinggian banjir mencapai 30 cm, salah satu warga kembali dikonfirmasi sore ini, air masih tinggi dan belum menunjukkan tanda-tanda akan surut dan naik secara perlahan-lahan. Warga yang terdampak banjir ada 9 KK dengan jumlah jiwa sebanyak 34 orang. Merekapun mulai mengungsi ke rumah tetangga yang kondisi rumahnya aman dari banjir. 

Camat Samboja Ahmad Nurkhalish, pada Minggu (28/06/2020) saat dihubungi terkait dengan banjir di KM. 36 Jl. Soekarno Hatta Kelurahan Sungai Merdeka menyampaikan, "Semoga rencana kegiatan normalisasi yang diusulkan oleh anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur, Muhammad Samsun bisa cepat direalisasikan, agar banjir tidak kembali menggenangi rumah warga". 

Sebelumnya, Muhammad Samsun Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Timur yang juga Putra asli Samboja dan berasal dari Daerah Pemilihan Kutai Kartanegara melakukan tinjuan pada awal bulan Juni 2020 bersama dengan Komisi Tiga DPRD Provinsi terkait dengan kondisi jalan tol yang membelah rawa yang merupakan daerah aliran air. Sehingga menyebabkan terhambatnya aliran air di titik tersebut, hal itu berpotensi mengancam badan jalan tol terutama saat terjadi hujan lebat, selain itu juga berimbas kepada meluapnya air ke pemukiman warga dan menyebabkan banjir. Dari hasil tinjauan tersebut Samsun sapaan akrabnya meminta kepada Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR untuk segera menyiapkan lahan buffering di Tol Balikpapan-Samarinda, agar keselamatan pengguna jalan tol dan warga di sekitar menjadi hal utama dan menjadi perhatian bersama.

 

 

Samboja KUKAR Sungai Merdeka Banjir