NewsBMB Thu, 7 October 2021
TIPS & TRIKS

Cara Cerdas Agar Dapat Memiliki Rumah Sendiri dalam Waktu 2 Tahun

img

Memiliki rumah sendiri adalah impian semua orang. Tapi, gimana cara punya rumah dengan gaji kecil? Apalagi, harga rumah terus mengalami kenaikan. Perjuangan mendapatkan rumah impian pun semakin sulit. Eits, jangan langsung pesimis. Lakukan 8 cara memiliki rumah sendiri berikut ini.

Bagaimana Cara Milenial Punya Rumah?

Cita-cita ingin punya rumah sendiri terkadang sirna lantaran minimnya penghasilan. Semua tips mengajarkan kita untuk menabung. Tapi, bagaimana cara menabung untuk membangun rumah? Kalau gaji 3 juta ditabung berapa? Tidak perlu khawatir, ikuti tips berikut ini.

  1. Tetapkan Tujuan yang Jelas

Semua hal baik harus dimulai dari niat dan tujuan yang baik, termasuk keinginan punya rumah sendiri. Kamu bisa menetapkan tujuan dengan konsep SMART, yaitu Specific, Measurable, Achievable, Realistic, dan Timely. Sehingga kedepannya lebih mudah untuk mewujudkannya.

Artinya, tujuanmu punya rumah sendiri itu harus ditentukan secara spesifik, terukur, realistis, dapat dicapai, dan punya tenggat waktu tertentu. Misalnya, kamu berpenghasilan Rp3 juta per bulan dan menetapkan tujuan punya rumah sendiri dalam waktu 2 tahun.

  1. Tentukan Anggaran 

Setelah menetapkan tujuan, sekarang waktunya menentukan anggaran. Hal ini penting sebagai acuan pengelolaan uang secara tepat. Jika biasanya kamu menerapkan rumus 50:20:20, yaitu 50 persen untuk kebutuhan dasar, serta masing masing 20 persen untuk tabungan dan hiburan.

Kali ini coba kurangi sedikit persentase dana hiburan dan menambahkannya ke dana tabungan. Sehingga tabunganmu untuk membangun rumah sendiri lebih cepat terkumpul. Pastikan juga kamu tidak terlalu keberatan dengan rumus baru tersebut.

  1. Lunasi Semua Hutang

Supaya kegiatan menabungmu lancar, pastikan kamu melunasi semua hutangmu terlebih dahulu. Apalagi, jika hutang atau kredit tersebut punya suku bunga yang lumayan tinggi dan berpotensi naik dari waktu ke waktu. Lebih baik lunasi hutang terlebih dahulu sebelum fokus menabung.

Perlu diperhatikan juga, jangan gali lubang tutup lubang alias mencari hutangan untuk membayar hutang. Karena cara ini sama sekali tidak akan membantumu keluar dari lilitan hutang. Justru membuatmu semakin tergantung dari hutang satu ke hutang lainnya.

  1. Menabung Secara Konsisten

Setelah semua hutang beres, kini waktunya konsisten menabung untuk membangun rumah. Supaya tingkat keberhasilannya lebih mudah tercapai, tentukan target menabung secara terukur. Misalnya, bulan ini fokus menabung untuk membayar tanah, bulan berikutnya untuk bayar DP rumah, dll.

Kamu juga bisa menetapkan besarnya tabungan secara konsisten setiap minggu atau bulannya. Anggaplah per bulan minimal menyisakan Rp500.000 sampai Rp1.000.000. Jika lebih dari target yang ditentukan tentu lebih baik lagi. Tapi usahakan jangan sampai kurang, apalagi bolong.

Selain menabung sendiri, kamu juga bisa melibatkan anggota keluarga lain untuk membantumu. Misalnya tabungan pasangan, orang tua, ataupun saudara. Yang pasti, jangan libatkan mereka dengan paksaan. Tetap lakukan semampu dan seikhlasnya saja.

  1. Tabung Semua Komisi atau Bonus Bulanan

Jika kamu mendapatkan komisi atau bonus bulanan dari pekerjaan atau usahamu, jangan langsung dibelanjakan untuk foya foya. Lebih baik langsung tabung semuanya atau setidaknya separuhnya. Karena dana tersebut termasuk bonus tambahan yang datangnya di luar penghasilan utama.

  1. Hidup Sederhana dan Hemat

Selain menabung, menabung, dan menabung, kamu juga perlu membiasakan hidup lebih hemat dan sederhana. Kurangi kebiasaan belanja barang barang mewah dan utamakan gaya hidup minimalis dan berkesadaran. Ingat, belanja lebih banyak tidak menjamin kebahagiaan.

Kurangi kebiasaan pesan makanan online atau makan di luar rumah, seperti ke kafe atau restoran. Lebih baik utamakan memasak sendiri. Kurangi juga jatah liburan ke luar kota atau ke tempat hiburan tertentu. Sehingga kamu bisa mengalokasikan anggarannya untuk menabung lebih banyak.

  1. Lebih Selektif dalam Berbelanja Harian

Selain menerapkan gaya hidup hemat dan minimalis, kamu juga harus pintar pintar dalam berbelanja kebutuhan sehari hari. Jika ada produk berkualitas sejenis yang harganya lebih miring, lebih baik utamakan membeli produk tersebut. Jangan hanya mengejar nama brandnya saja.

Jika perlu, survei harga secara ketat setiap ingin berbelanja. Pilih took terbaik yang menawarkan harga lebih hemat. Baik saat berbelanja offline maupun online. Dengan berbelanja secara selektif, sedikit demi sedikit pengeluaran bisa berkurang dan tabunganmu pun akan terkumpul semakin cepat.

  1. Survei KPR Paling Hemat

Kembali lagi ke tabungan membangun rumah. Sembari menunggu dana terkumpul, kamu juga perlu survey berbagai jenis KPR yang ditawarkan bank atau lembaga tertentu. Pelajari masing masing tawarannya dan pilih yang harganya paling hemat, namun tetap berkualitas.

Untuk menghemat pengeluaran, sebaiknya pilih lokasi rumah di lahan yang tidak terlalu mahal harganya. Kamu tidak harus mencari lokasi rumah di tengah tengah kota, agar tidak menghabiskan lebih banyak anggaran. Yang pasti, tetap utamakan kebutuhan, jangan sekedar mengejar keinginan.

Lakukan 8 cara memiliki rumah sendiri di atas secara konsisten agar impianmu bisa segera terwujud. Jangan lupa juga untuk senantiasa memanjatkan doa ingin punya rumah. Sehingga impian kita dimudahkan dan mendapatkan ridho-Nya.

Rumah Kaya Kaya Raya Mudah Cepat