NewsBMB Tue, 5 October 2021
TIPS & TRIKS

Cara Menjual Gorengan Agar Laris Manis dan Terkenal

img

Gorengan menjadi salah satu jajanan andalan di berbagai daerah di Indonesia. Gorengan juga menjadi makanan ringan favorit banyak kalangan. Karena pasar gorengan yang dapat menjangkau seluruh kalangan, bisnis gorengan patut dilirik. Lalu, bagaimana cara menjual gorengan yang tepat di masa sekarang?

Dalam satu gerobak gorengan biasanya dijajakan berbagai macam jenis gorengan. Dengan banyaknya pilihan inilah, gorengan memiliki banyak penggemar di hampir seluruh kalangan.

Tips Jualan Gorengan Biar Laris

Luasnya pasar dalam bisnis gorengan membuat peluang mendirikan usaha ini sangat besar. Namun di samping itu, jumlah kompetitor pun terbilang banyak. Atas hal ini, kamu perlu melakukan strategi khusus agar usaha gorengan kamu bisa laris dan memiliki banyak langganan.

  1. Lakukan Analisis Modal

Agar usaha yang dijalankan lancar, kamu harus mengetahui berapa besar modal yang diperlukan. Modal merupakan elemen terpenting dalam menjalankan usaha. Oleh karena itu, urusan ini perlu diperhitungkan secara cermat.

Untuk memulai usaha gorengan, berikut beberapa estimasi biaya yang akan kamu butuhkan.

  • Membuat gerobak dan peralatan: Rp 2 juta
  • Kompor dan tabung gas: Rp 800 ribu
  • Modal cadangan: Rp 1 juta
  • Tepung terigu dan minyak goreng: Rp 100 ribu
  • Bahan baku: Rp 300 ribu
  1. Lakukan Analisis Laba

Tips cara menjual gorengan selanjutnya adalah melakukan analisis laba atau keuntungan. Untuk menjadi pengusaha sukses, tentunya kamu perlu melakukan analisis terhadap laba yang dihasilkan.

Pada tahap awal, kamu harus menganalisis apakah usaha ini memiliki peluang yang besar dan layak untuk terus dijalankan atau tidak. Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

  • Target pasar
  • Lokasi berjualan
  • Analisis modal
  • Menentukan cara mengambil keuntungan
  1. Pilih Lokasi Strategis

Cara menjual gorengan yang satu ini tentunya diterapkan dalam semua bidang bisnis. Tips ini merupakan salah satu cara yang digunakan untuk menggaet banyak pelanggan. Carilah tempat untuk jualan yang ramai, seperti pusat kota, alun-alun, pasar, dan tempat keramaian lainnya.

Tempat wisata juga bisa menjadi salah satu lokasi yang bisa kamu pilih. Karena berwisata tentunya belum lengkap jika tidak didampingi dengan makanan ringan. Berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti dalam menentukan lokasi berjualan.

  • Perhatikan tingkat keramaian dan kepadatan penduduk, semakin ramai maka akan semakin potensial
  • Perhatikan jumlah kompetitor di sekitar lokasi
  • Pastikan biaya sewa tempat sesuai dengan dana yang dimiliki
  • Pilih lokasi yang mudah diakses. Bersih, dan aman.
  1. Membuat Variasi Menu yang Kekinian

Gorengan yang itu-itu saja bagi sebagian orang mungkin terasa membosankan. Karena itu, perlu dilakukan pembaharuan dalam variasi jenis gorengan yang dijajakan. Kamu bisa membuat jenis gorengan baru yang lebih kekinian.

Beberapa jenis gorengan yang bisa kamu tambahkan misalnya, pisang goreng krispi, tahu pedas, risoles berbagai macam isian, cireng isi pedas, dan lain-lain.

  1. Mengutamakan Kebersihan

Kebersihan dalam usaha makanan menjadi unsur paling penting. Bagaimana tidak, kebersihan menjadi penentu sehat tidaknya suatu makanan yang masuk ke dalam perut. Kamu pastinya tidak akan mau, jika konsumen sakit perut setelah mengkonsumsi gorengan yang kamu buat.

Untuk itu, kebersihan dagangan perlu diprioritaskan. Bukan hanya agar gorengan yang dijajakan terjamin kebersihannya, tapi juga Cara menjual gorengan ini bisa menanamkan rasa percaya kepada pelanggan.

Jika kamu tidak bisa mempertahankan kepercayaan pelanggan, maka akan susah untuk mengembalikan kepercayaan itu lagi.

Keuntungan dan Kelemahan Usaha Gorengan

Berikut ini beberapa keuntungan dan kekurangan usaha gorengan yang perlu kamu tahu.

  1. Keuntungan

Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu rasakan jika memilih usaha gorengan dibanding dengan usaha lain, berikut di antaranya.

  • Harga terjangkau semua kalangan, gorengan sudah umum dikenal sebagai makanan ringan yang bisa didapatkan dengan harga yang murah.
  • Menjadi favorit banyak orang, dengan berbagai macam jenis gorengan yang biasa dijajakan, beberapa orang jadi memiliki preferensinya masing-masing terhadap jenis gorengan.
  • Minim modal, salah satu hal yang paling penting dalam dunia bisnis adalah mengeluarkan modal sekecil mungkin untuk mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin. Hal ini bisa kamu dapatkan dengan usaha jualan gorengan.
  1. Kelemahan

Selain kelebihan di atas, terdapat juga beberapa kelemahan usaha ini, berikut di antaranya.

  • Jumlah kompetitor, dimana ada tempat ramai di situ ada penjual gorengan. Menjadi favorit banyak orang menjadi salah satu faktor yang membuat gorengan banyak dijajakan. Untuk itu, kamu harus memiliki identitas usaha yang berbeda dari kompetitor lain.
  • Sisa jualan, gorengan merupakan jenis makanan yang disajikan langsung dari hasil penggorengan. Gorengan yang tidak laku terjual tidak bisa dijual kembali untuk keesokan harinya.

Usaha jualan gorengan menjadi salah satu pilihan yang layak kamu coba. Setelah mengetahui Cara menjual gorengan di atas, dengan modal yang minim dan tingkat kesulitan yang rendah, usaha gorengan bisa menjadi gerbang kamu dalam menyelami dunia bisnis.

Gorengan Laris Manis Kaya Raya