NewsBMB Wed, 13 November 2019
PERISTIWA

1 Desa 1 Hafidz & Gerilya Dai Daiyyah Hingga Pelosok Desa Kutai Kartanegara

img

Bupati Kukar bersama Calon Hafidz dan Hafidzah Program 1 Desa 1 Hafidz Qur'an

10-20 November 2019, 18 Kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara akan mendapatkan "serangan" dari Dai dan Daiyyah yang tergabung dalam Komunitas Pendakwah Keren (KPK) akan bergerilya ke desa-desa berdakwah memberikan pesan-pesan kebaikan kepada masyarakat secara luas. Program ini digagas oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, dengan mengirimkan 1 orang Dai ataupun Daiyyah untuk 1 Kecamatan.

Kecamatan Samboja salah satunya akan dikunjungi oleh Raden Muhammad Naelya Helmi Tunjung berasal dari Cilacap, Jawa Tengah. Dai Tunjung  sapaan akrabnya, akan berdakwah di 13 Kelurahan dan Desa dari jumlah 23 Kelurahan dan Desa yang dimiliki oleh Kecamatan Samboja.

Selain itu juga, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara meluncurkan program 1 Desa 1 Hafidz Qur'an.  Program yang sejalan dengan pembinaan membaca Al Qur'an di masyarakat melalui Gerakan Etam Mengaji (GEMA). Semenjak program GEMA digalakkan Kabupaten Kutai Kartanegara mampu mencetak hattrick (juara tiga kali berturut-turut) dalam MTQ Tingkat Provinsi Kalimantan Timur sejak tahun 2017 hingga 2019.

Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah mengatakan "program ini bertujuan agar segenap lapisan masyarakat muslim di wilayah Kutai Kartanegara menekuni Al Qur'an melalui pembinaan dan pembelajaran yang sistematis, berjenjang dan berintegrasi dengan kehidupan masyarakat di Kutai Kartanegara secara keseluruhan, ucapnya." (adr)