NewsBMB Mon, 4 October 2021
TIPS & TRIKS

Ilmu Mahal, Berbagai Cara agar Kamu Mendapat Income Besar dari Website dan atau dari Blogmu

img

Website merupakan kumpulan halaman web yang saling terkait dan dapat diakses publik. Bukan hanya sebagai platform penyebaran informasi, website juga dapat menghasilkan uang. Lantas, bagaimana cara mendapat uang dari website? Berikut informasi selengkapnya.

Apakah Website Pribadi Bisa Menghasilkan Uang?

Berdasarkan laporan yang dirilis oleh HootSuite, pada awal tahun 2021 ini jumlah pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 202 juta jiwa atau 73,7 persen dari total populasi. Maka dari itu, tak heran jika website dapat dijadikan sebagai platform yang tepat untuk menghasilkan uang.

Apalagi, saat ini sudah ada program bisnis online, seperti afiliasi. Berdasarkan data tersebut, dapat diketahui bahwa prospek bisnis melalui internet sangat cerah dan memiliki potensi keuntungan yang menjanjikan.

Semua orang bisa menghasilkan uang dari website, loh. Mulai dari website lembaga, pemerintahan, bisnis, instansi, hingga blog pribadi dapat menjadi ladang penghasilan.

Bagaimana Cara Mendapat Uang dari Blog?

Bagaimana cara mendapatkan banyak uang? Tentu saja ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan uang. Namun, di era serba digital ini, mencari uang dari blog atau website jauh lebih disukai.

Selain praktis, website juga dinilai memiliki prospek yang bagus. Berikut beberapa cara mendapat uang dari website:

  1. Pay Per Click

PPC merupakan model iklan yang bisa memberikan kamu passive income setiap ada pembaca yang mengklik spanduk iklan. Ngomong-ngomong soal PPC, media yang paling populer saat ini adalah Google AdSense. Kehadiran Google AdSense membuat kamu tidak perlu mengeluarkan banyak usaha untuk menempatkan iklan pada website.

Beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari Google AdSense adalah 68% pendapatan untuk konten dan 51% untuk iklan penelusuran. Tak perlu khawatir, Google akan membayar kamu tepat waktu antara tanggal 21 sampai 26 setiap bulan.

Meskipun begitu, kamu harus berjuang dulu nih untuk mendaftar Google AdSense. Kamu bisa membaca bagian syarat dan ketentuan di laman resmi Google AdSense, kemudian lakukan proses pendaftaran. Bila sudah disetujui, kamu hanya tinggal duduk manis saja dan biarkan uang mengalir dengan sendirinya.

  1. Menjual Ad Space

Cara mendapat uang dari website selanjutnya adalah dengan menjual ad space. Seperti namanya, kamu bisa mendapat uang dengan menjual ruang kosong sebagai tempat pengiklanan suatu perusahaan. Cara ini mungkin akan lebih memakan waktu dibandingkan PPC.

Bila kamu ingin menggunakan cara ini, kamu bisa meningkatkan trafik atau jumlah pengunjung website, baik bulanan maupun tahunan. Kemudian, kamu bisa mengirimkan laporan terkait trafik ke perusahaan yang ingin diajak bekerja sama. Pendapatan dari ad space cukup bervariasi karena kamu bisa melakukan negosiasi dan mematok tarif sendiri.

  1. Membuka Endorsement

Kamu pasti sudah sering melihat blogger yang mempromosikan layanan atau produk tertentu di kontennya. Nah, hal inilah yang disebut dengan endorsement. Bila blog kamu sudah cukup besar, kamu bisa bekerja sama dengan beberapa perusahaan.

Keuntungan endorsement sendiri bisa beraneka ragam, tergantung perjanjian kamu dengan perusahaan. Secara umum, perusahaan yang akan menghubungi terlebih dahulu bila tertarik untuk bekerja sama. Jadi, sebagai blogger, kita harus membangun blog yang berbobot dan menarik.

  1. Program Afiliasi

Cara mendapat uang dari website selanjutnya adalah dengan mengikuti program afiliasi. Seiring bertambahnya waktu, program ini kian populer di kalangan blogger dan influencer. Lewat program ini, kamu bisa mendapat komisi bila ada pengunjung blog yang membeli produk atau melengkapi data lewat banner afiliasi.

Jumlah komisi yang bisa kamu dapatkan juga berbeda-beda, tergantung program perusahaan apa yang kamu ikuti. Biasanya, perusahaan startup akan memberi komisi mulai dari 25% - 50%. Jika kamu mengikuti program afiliasi dari perusahaan besar, bukan hal yang mustahil untuk mendapat komisi hingga 70%, loh.

  1. Menjual Produk atau Jasa

Terakhir, kamu bisa menghasilkan uang dengan menjual produk atau jasa lewat blog. Jasa yang bisa kamu tawarkan adalah jasa bikin artikel, web developer, digital marketing, dan lain sebagainya.

Selain itu, kamu bisa menawarkan produk yang sesuai dengan niche blog. Bila kamu memiliki blog bertema kebugaran, kamu bisa menjual buku panduan diet, obat pelangsing, dan lain sebagainya.

Berapa Penghasilan Pembuat Website?

Kamu mungkin sudah mulai tertarik nih akan dunia website. Lantas, berapa uang yang bisa kamu dapatkan di internet? Tentu saja jawabannya berbeda-beda, ya. Masalah pendapatan sangat bergantung pada kemampuan, kualitas konten, dan konsistensi kamu dalam membangun website.

Semakin banyak pembaca yang mengunjungi website kamu, maka akan semakin banyak pula uang yang bisa kamu dapat. Ingat, website bukanlah sumber penghasilan cepat tanpa modal, ya. Kamu harus membayar sejumlah biaya tertentu untuk mengoptimalkan SEO, menyewa hosting, dan membeli domain.

Pada awalnya, mungkin kamu akan mengeluh karena penghasilan yang sangat sedikit. Bahkan, kamu bisa tidak mendapat uang sepeserpun dari website saat pertama kali merintis. Namun, jika kamu sudah sukses, bukan hal yang mustahil untuk mendapat 500rb per hari.

Semua penjelasan mengenai cara mendapat uang dari website di atas hanya bisa berhasil jika kamu serius dan konsisten. Sebaiknya, coba semua cara, jangan salah satunya saja. Dengan begitu, kamu bisa memaksimalkan pendapatan dari dunia internet.

Blog Website Uang Income