NewsBMB Thu, 3 May 2018
WISATA BOGA

Keripik Pare; Jangan Takut Pahit.

img

Crispy Pare Olahan Desa Beringin Agung

Pare, makanan yang bercita rasa pahit ini biasanya menjadi bagian dari menu siomai. Makanan khas dari Kota Bandung dengan bumbu kuah kacang. Terkadang juga dijadikan oseng-oseng pare dengan tambahan udang dan tempe. Walau rasanya pahit, pare memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia.

Bukan manfaat kesehatan dari sayuran pare yang akan kita ulas, melainkan usaha keripik pare dari Desa Beringin Agung Samboja yang didorong oleh Kepala Desa Bapak Ahmad Jazuli. Melalui kelompok TK/TPA Hidayatul Amin. Keripik yang diberi nama Crispy Pare ini cukup menggugah selera, gurih dan tidak terasa pahit seperti pare pada umumnya, namun tidak menghilangkan rasa dari khas pare itu sendiri. Panganan ini dijual seharga lima ribu rupiah/bungkus, dapat dibeli di warung makan milik Mbak San-San depan Rumah Sakit Aji Batara Agung Dewa Sakti Samboja.

Perlu diingat juga bahwa banyak Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang berusaha tumbuh di sekitar kita, dan hal ini perlu didorong oleh semua pihak. Tidak hanya unsur pemerintah, perusahaan, melainkan juga masyarakat yang menjadi konsumen bagi usaha-usaha tersebut, agar mereka mampu bertahan dan mengembangkan usahanya karena hilir dari produk makanan adalah penjualan. (adr)