NewsBMB Sun, 15 September 2019
TEKNOLOGI

Maraknya Karhutla, Cek Kualitas Udara dengan Aplikasi Mobile

img

Kondisi udara yang tertutup asap tebal, mempengaruhi kesehatan.

Kebakaran hutan dan lahan yang masih belum bisa dikendalikan, memperparah kualitas udara dan jarak pandang di beberapa daerah. AQI (Air Quality Index) yang berada pada angka >300 termasuk dalam kategori berbahaya. Selain Air Quality Index, konsentrasi partikel polutan yang memiliki diameter lebih kecil dari 2,5 mikrometer atau PM 2.5, merupakan salah satu indicator pencemaran udara. Ambang batas menurut BMKG, adalah 65 mikrogram per meter kubik.

Nilai AQI dan konsentrasi polutan dapat diperoleh melalui aplikasi dan dapat dipasang pada gawai yang kita gunakan, berikut beberapa aplikasi yang dapat menjadi pilihan untuk mengetahui kualitas udara di wilayah kita :

AirVisual

Aplikasi yang mendapat rating 4.7 pada Google Play Store dapat menjadi salah satu pilihan untuk mengecek kualitas udara di kota yang kita kunjungi atau tempati. Melalui aplikasi AirVisual, kita dapat mengecek AQI dan konsentrasi polutan yang ada di sekitar anda. Terdapat juga perkiraan selama 1 (satu) pekan. Misalnya, adalah AQI Samboja berada pada angka 80 dan konsentrasi partikel polutan pada angka 26,2. Aplikasi AirVisual juga memberikan saran rekomendasi kesehatan seperti misalnya pada Samboja “tutup jendela anda untuk menghindari udara luar yang kotor”.

UdaraKita

Aplikasi besutan Greenpeace Indonesia yang dirilis pada tanggal 9 Februari 2017 dengan ukuran download sebesar 3,95 MB pada aplikasi Google Play Store. Aplikasi yang bisa digunakan secara gratis, namun harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan email yang kita miliki. Aplikasi ini masih terbatas pada beberapa kota, seperti Jakarta dan sekitarnya, Bandung, Semarang, Bali dan Pekanbaru.

BreezoMeter

Kualitas udara yang ditampilkan cukup lengkap, selain konsentrasi polutan. Aplikasi ini juga memiliki fire alert yang akan muncul jika terdapat titik atau lokasi terjadi titik panas. selain itu juga, aplikasi ini menginformasikan secara lengkap kandungan udara seperti karbon monoksida, ozon dan nitrogen di wilayah kita. Selain itu juga, saran kesehatan yang diberikan berbeda-beda sesuai dengan angka kualitas udara yang diberikan. Sehingga pengguna dapat melakukan langkah yang tepat terkait dengan kondisi udara di sekitarnya. (rad)