NewsBMB Tue, 3 November 2020
PERISTIWA

Mengapa Hari Pahlawan itu Penting?

img

Ketika memasuki bulan November, akan mendekati hari pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November. Tanggal tersebut menjadi historis karena sejarahnya banyak pahlawan Indonesia yang gugur di medan perang pada tanggal tersebut. Tepatnya pada saat terjadi pertempuran di Surabaya yang melawan sekutu. Dengan demikian, memperingati hari pahlawan sangat penting karena alasan berikut ini:

1. Mengenang Pahlawan yang Telah Gugur di Medan Perang

Adanya hari pahlawan tentunya karena adanya pahlawan yang gugur di medan perang. Gugurnya pahlawan tersebut merupakan salah satu ciri perwujudan akan cinta tanah air. Dengan demikian, para pahlawan yang gugur di medan perang tersebut harus diperingati dengan cara memperingati hari pahlawan nasional.

Generasi penerus bangsa tidak dapat membalas jasa pahlawan, selain dengan cara mengenangnya. Oleh sebab itu, memperingati hari pahlawan sangat penting untuk mengenang jasa para pahlawan Indonesia tersebut. Hal itu merupakan salah satu cara untuk mengenang jasa para pahlawan.

2. Menumbuhkan Semangat Nasionalisme

Dengan memperingati hari pahlawan akan menumbuhkan semangat nasionalisme. Dimana saat ini, jiwa nasionalisme telah memudar di kalangan warga bangsa Indonesia. Oleh sebab itu, semangat tersebut harus ditumbuhkan kembali dengan memperingati hari pahlawan.

Memudarnya semangat nasionalisme, bisa menumbuhkan perpecahan di antara suku bangsa di Indonesia. Hal tersebut tentunya dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Dengan demikian, memperingati hari pahlawan bisa menyatukan kembali semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

Bendera Negara Kesatuan Republik Indonesia 

3. Mengenal Sejarah Bangsa

Alasan lainnya, pentingnya untuk memperingati hari pahlawan Indonesia karena bisa lebih mengenal sejarah bangsa. Indonesia dilahirkan dari banyak pahlawan yang gugur di medan perang karena banyak penjajah yang ingin menguasainya. Terlebih saat sekutu ingin menguasai kota Surabaya.

Tanggal 10 November merupakan tanggal yang bersejarah karena banyak pahlawan yang gugur melawan sekutu yang ingin menguasai kota Surabaya. Dimana saat itu banyak arek-arek Surabaya yang gugur di medan perang. Jika tanggal tersebut tidak diperingati sebagai hari pahlawan tentunya tidak akan banyak yang mengetahui sejarah bangsa tersebut.

4. Menumbuhkan Sikap Kepemimpinan

Keberanian arek-arek Suroboyo melawan Belanda yang diboncengi oleh sekutu dapat dijadikan inspirasi untuk menumbuhkan sikap kepemimpinan. Sikap Kepemimpinan sangatlah penting ditanamkan dari sejak dini karena dapat menumbuhkan sikap kemandirian.

Maka dari itu, pentingnya untuk memperingati hari pahlawan Indonesia karena dapat membangkitkan semangat kepemimpinan atas jasa para pahlawan yang gugur di medan perang demi mempertahankan kemerdekaan negara, dengan mengenang kembali cerita sejarah para pahlawan.

5. Menumbuhkan Sikap Toleransi

Tidak bisa dipungkiri, saat ini sikap toleransi antar umat beragama dan antar suku semakin memudar.  Itulah sebabnya, banyak terjadi perpecahan di antara kalangan umat beragama dan antar suku itu sendiri, yang saat ini banyak terjadi di Indonesia. Parahnya, hal tersebut bisa menyebabkan banyak wilayah yang ingin memisahkan diri dari NKRI. Terbukti sudah banyak wilayah yang ingin memisahkan diri dari NKRI.

Dengan memperingati hari pahlawan  Indonesia bisa menumbuhkan kembali semangat persatuan dan kesatuan bangsa, dengan cara menumbuhkan sikap toleransi antar umat beragama dan juga suku bangsa yang ada di Indonesia. Dengan demikian, persatuan Indonesia akan semakin erat tidak mengenal keaneka ragaman budaya, bangsa, agama dan suku.

6. Menumbuhkan Semangat Persatuan

Sebagaimana telah disinggung pada poin sebelumnya, memperingati hari pahlawan Indonesia akan menumbuhkan semangat persatuan yang telah memudar. Pudarnya semangat persatuan akan membuat Indonesia hidup menjadi masing-masing suku dan tidak peduli dengan suku lainnya.

Berdasarkan hal tersebut, pentingnya untuk memperingati hari pahlawan karena semangat persatuan dapat terbentuk kembali. Terlebih jika mengingat jasa para pahlawan terdahulu yang rela mempertaruhkan nyawa demi keutuhan NKRI. Hal tersebut tentunya harus dicontoh oleh para generasi penerus bangsa agar persatuan tidak terpecah belah.

7. Mengetahui Lebih Banyak Nama-nama Pahlawan

Generasi saat ini, banyak yang mulai melupakan nama-nama pahlawan. Hal tersebut dikhawatirkan lambat laun pahlawan tersebut akan terlupakan. Padahal, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Bagaimana bangsa bisa menjadi besar jika nama pahlawannya telah dilupakan.

Menjadikan Indonesia sebagai negara yang besar, harus dimulai dengan memperingati hari pahlawan Indonesia sehingga generasi penerus bisa lebih mudah untuk mengenal nama-nama pahlawan dan tidak akan melupakan jasa para pahlawan tersebut. Mengenang perjuangan para pahlawan bisa dimulai dengan mengingat namanya terlebih dahulu.

8. Mengenal Usaha Pahlawan Merebut Kemerdekaan Bangsa

Jika tidak diperingati hari pahlawan Indonesia tentunya akan sangat jarang diputar film yang bercerita tentang sejarah perjuangan bangsa. Dengan demikian, generasi penerus tidak akan mengetahui betapa sulitnya mempertahankan NKRI. Sehingga tidak akan mudah untuk memutuskan memisahkan diri dari negara kesatuan ini, yang membuat NKRI semakin mengecil.

Berbeda dengan kondisi saat ini, dimana banyak wilayah yang ingin memisahkan diri dari NKRI. Hal tersebut merupakan salah satu ciri tidak memahami bagaimana sulitnya para pahlawan dalam mempertahankan kesatuan NKRI dengan cara merebut dari cengkraman para penjajah. Para pahlawan rela untuk mempertaruhkan nyawa demi keutuhan NKRI.

9. Tidak Mengenal SARA

Isu SARA merupakan hal yang paling dominan dalam memecah belah persatuan. Oleh sebab itu, alasan pentingnya untuk memperingati hari pahlawan bisa meminimalisir SARA yang terjadi di antara masyarakat bangsa Indonesia. Sehingga pentingnya untuk menghapus isu SARA tersebut. SARA memang bisa menumbuhkan ujaran kebencian.

Memperingati hari pahlawan Indonesia bisa meminimalisir isu SARA yang terjadi di kalangan masyarakat Indonesia. Dengan demikian tidak akan lagi terjadi perpecahan antar suku bangsa karena hal-hal yang berhubungan dengan SARA. Dengan demikian, keutuhan bangsa lebih terjaga dan bisa saling menghargai satu sama lain.

10. Menumbuhkan Sikap Pemberani

Sikap pemberani dalam kebenaran adalah sikap yang positif. Seperti halnya, berani untuk berkata jujur, berani untuk membela kebenaran, berani untuk berpendapat yang baik. Sikap tersebut semakin menurun di kalangan generasi muda. Hal tersebut tentunya bukan hal yang baik,karena sikap positif untuk berani bersikap telah hilang.

Keberanian yang muncul di antara generasi penerus saat ini kebanyakan karena untuk kepentingan pribadi atau golongan. Seperti halnya, banyak terjadi tauran di antara kalangan anak sekolah maupun antar suku. Dengan demikian, pentingnya untuk memperingati hari pahlawan tersebut karena dapat membangkitkan sikap Pemberani.

Itulah beberapa alasan pentingnya memperingati hari pahlawan Indonesia. Khususnya untuk anak-anak yang berusia sekolah dasar, semakin dini mengenali pahlawan tersebut bisa menumbuhkan karakter positif dalam perkembangan mental anak tersebut. Dengan demikian, anak bisa tumbuh menjadi anak yang cerdas secara mental dan intelektual. Dan November ini, Newsbmb.com  akan menceritakan seorang pahlawan asli kalimantan, siapakah dia? nantikan di hari selasa 10 november 2020

(deqo)

NewsBMB Indonesia