NewsBMB Mon, 9 November 2020
PRESTASI WARGA INDONESIA

Mohammad Noor Pahlawan Nasional & Gubernur Kalimantan yang Pertama

img

Di awal masa Kemerdekaan Indonesia, Mohammad Noor merupakan salah satu pahlawan nasional yang juga menjabat sebagai Gubernur di provinsi Kalimantan. Sebagai Gubernur pertama, Ia berhasil memperjuangkan Provinsi Kalimantan untuk tetap bergabung dengan NKRI.

Di awal masa kemerdekaan Indonesia, campur tangan pihak asing masih sangat terasa berbagai daerah di Indonesia, tak terkecuali di Kalimantan. Mohammad Noor yang juga merupakan Gubernur di Kalimantan saat itu tidak berhenti memperjuangkan daerah ini supaya tetap berada di bawah naungan Indonesia.

Jasanya membuat Mohammad Noor dianugerahi gelar sebagai pahlawan nasional. Berikut ini merupakan informasi mengenai sosok Mohammad Noor dan kisahnya hingga menjabat sebagai Gubernur pertama provinsi Kalimantan.

Biografi Singkat Mohammad Noor

Ir. H. Pangeran Mohammad Noor lahir di Kalimantan Selatan pada tanggal 24 Juni 1901. Ia merupakan putra dari Pangeran Mohammad Ali yang juga merupakan wakil dari Kalimantan selama masa penjajahan Belanda.

Pada tahun 1917, Mohammad Noor lulus dari sekolah Hindia Belanda (HIS) dan kemudian melanjutkan ke HBS pada tahun 1923. Dengan kemampuannya yang tinggi, Ia kemudian berhasil menggantikan ayahnya untuk menjadi wakil Indonesia untuk pemerintahan Kolonial.

Koneksi tersebut membuka jalan bagi Mohammad Noor untuk menjadi Gubernur Kalimantan pertama. Namun, jalan untuk mencapai jabatan tersebut tidak serta merta didapatkan begitu saja. Proses yang dilalui cukup panjang sebelum akhirnya berhasil menjadi Gubernur Provinsi Kalimantan yang pertama.

Proses Mohammad Noor Menjadi Gubernur Kalimantan

Sebagai seorang Gubernur pertama, banyak pengorbanan yang dilakukan oleh Mohammad Noor. Berikut ini merupakan proses yang dilalui oleh Mohammad Noor hingga akhirnya Ia berhasil menjadi Gubernur.

  • Memperjuangkan kemerdekaan Kalimantan
    Langkah pertama yang dilakukan oleh seorang Mohammad Noor adalah dengan memperjuangkan kemerdekaan Kalimantan yang saat itu masih sangat dipengaruhi oleh pemerintahan Kolonial Belanda. Ia merupakan salah satu orang yang paling lantang untuk mempertahankan Kalimantan.

Sebelumnya, Kalimantan masih belum secara resmi tergabung dalam NKRI. Masih ada kemungkinan bahwa penjajah akan berkuasa di wilayah tersebut. Namun Mohammad Noor tetap menyuarakan bahwa Kalimantan harus tetap berada di bawah naungan NKRI.

  • Membuka kantor perwakilan di Yogyakarta
    Demi mempertahankan kedaulatan Kalimantan, Ia bahkan turut membuka kantor perwakilan Kalimantan di Yogyakarta yang saat itu menjadi Ibukota Indonesia. Hal ini bertujuan untuk mempermudah koordinasi dan memaksimalkan kinerja pemerintahan.

Mohammad Noor menugaskan beberapa orang kepercayaannya untuk tetap berada di Indonesia. Sebagai seorang Gubernur, Ia ingin mengoptimalkan kinerja pemerintah di daerah dengan meningkatkan koordinasi dengan pemerintah pusat.

  • Membuat organisasi yang mendukung pemerintahan
    Sebagai langkah lanjutan, Mohammad Noor kemudian melanjutkan pemerintahan dengan membentuk organisasi-organisasi yang mendukung kinerja pemerintahan daerah saat itu.

Pada saat Ia membentuk beberapa organisasi, Mohammad Noor menugaskan beberapa putra Kalimantan untuk turut memberikan peran dan kontribusinya untuk Provinsi Kalimantan. Cara ini terbukti efektif hingga akhir masa jabatannya sebagai Gubernur.

Dari jasa-jasanya, kemudian Mohammad Noor mendapatkan gelar Pahlawan Nasional. Bahkan di usianya yang sudah menginjak usia 77 tahun, Ia masih sempat menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum di bawah pemerintahan Presiden Soekarno.

Hingga saat ini Mohammad Noor bukan hanya dikenal sebagai Gubernur Provinsi Kalimantan pertama, namun Ia juga dikenal sebagai seorang pahlawan Nasional. Jasanya sebagai pahlawan dan gubernur sangat besar untuk Indonesia.

Sumber

https://historia.id/politik/articles/mohammad-noor-gubernur-pertama-kalimantan-P0oL9

https://id.wikipedia.org/wiki/Pangeran_Muhammad_Noor

https://nasional.tempo.co/read/1144396/pahlawan-nasional-muhammad-noor-gubernur-pertama-kalimantan/full&view=ok

https://sejarahkaltim.com

NewsBMB Indonesia Pahlawan