NewsBMB Mon, 19 October 2020
PERTANIAN

Pertumbuhan Omset Produk-Produk Pertanian Di Masa Pandemi

img

Bidang pertanian di Indonesia telah menjadi salah satu penopang utama perekonomian negara. Luasnya lahan pertanian di Indonesia dan kesuburan tanah menjadi alasan utama mengapa sektor pertanian selalu maju dengan cukup pesat.

Masa pandemi yang melanda hampir seluruh wilayah di Indonesia membuat banyak sektor seperti perdagangan dan pariwisata mengalami permasalahan besar. Hantaman keras juga diprediksi terjadi pada sektor pertanian. Namun ternyata hal itu tidak terbukti.

Sektor pertanian di Indonesia tetap mengalami pertumbuhan dan masih bisa bertahan selama masa pandemi melanda. Kementerian Keuangan Republik Indonesia merilis data bahwa sektor pertanian di Indonesia masih mengalami pertumbuhan sebesar 2.19% pada kuartal ke II-2020.

Penopang Perekonomian Indonesia

Data yang dirilis oleh pemerintah Republik Indonesia jelas membuktikan bahwa perkembangan sektor pertanian masih tergolong kuat dan bisa menjadi salah satu penyumbang terbesar devisa negara saat ini. Ekspor berbagai komoditi dari sektor pertanian pun masih berjalan hingga saat ini.

Banyak pihak yang memprediksi bahwa sektor pertanian tetap akan mengalami penurunan pada kuartal selanjutnya. Namun hal ini tidak sepenuhnya benar. Pada akhir kuartal ke II, sektor hortikultura bahkan masih mengalami peningkatan sebesar 0.89%,

Ada beberapa komoditi yang terus mengalami peningkatan harga meskipun dunia sedang menghadapi masa pandemi. Berikut ini adalah beberapa komoditi utama pertanian yang terus bertahan dan mengalami peningkatan harga:

  • Bawang putih
  • Tomat
  • Bayam
  • Timun

Kondisi ini membuat para petani semakin optimis bahwa perkembangan sektor pertanian selama masa pandemi masih terus terjadi. Harga komoditi pertanian yang terus bertahan juga menjadi bukti kuat perkembangan sektor ini.

Agar hal ini terus bertahan, pemerintah diharapkan terus memberikan kebijakan yang menguntungkan para petani sehingga para petani semakin mudah untuk mengembangkan sektor pertanian dengan kualitas hasil yang terjaga.

Perkembangan Cara Pemasaran, Meningkatkan Omset Dengan Signifikan

Masa pandemi menuntut semua pihak untuk terus mengadakan perubahan dan perbaikan dalam hal cara pemasaran. Tidak bisa dipungkiri bahwa pemasaran menjadi salah satu poin penting yang bisa digunakan untuk meningkatkan harga hasil pertanian.

Bila beberapa tahun yang lalu petani masih bisa mengandalkan pemasaran dengan cara konvensional dan sistem tatap muka saja, maka pemasaran hasil pertanian di masa pandemi harus mengalami perubahan. Berikut ini merupakan beberapa cara pemasaran yang bisa meningkatkan harga di masa pandemi.

  • Pemasaran melalui media online
    Salah satu cara yang kini banyak digunakan untuk memasarkan produk di masa pandemi adalah dengan menjual komoditi melalui media online. Perkembangan zaman dan kemudahan sistem pengiriman saat ini sangat membantu para petani untuk menjual berbagai produk.

Bahkan sistem penjualan komoditi melalui media online kini sudah menjadi salah satu cara yang paling banyak digunakan oleh petani untuk mencakup konsumen yang lebih luas dengan harga yang masih tetap terjaga.

  • Bekerjasama dengan distributor yang lebih luas

Dengan adanya permasalahan pandemi seperti saat ini, para petani juga tetap harus menjalin kerjasama dengan distributor dengan sistem pemasaran yang lebih luas. Hal ini merupakan sebuah tantangan tersendiri, namun efektif untuk mempertahankan harga.

Perubahan cara pemasaran di masa pandemi memang tidak bisa dihindari. Namun, hal itu menjadi salah satu solusi mempertahankan harga komoditi di tengah pandemi. Dalam beberapa bulan terakhir, terbukti hasil dari sektor pertanian masih terus mengalami peningkatan.

Dengan kerjasama semua pihak baik petani maupun pemerintah, diharapkan sektor pertanian masih akan bertahan dan bahkan mengalami peningkatan. Tingginya hasil yang bisa dicapai oleh sektor pertanian membuat semua pihak optimis dengan perkembangan yang sedang terjadi saat ini. (admin newsbmb)

Sumber

www.google.com

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5146372/saat-pandemi-kementan-sektor-lain-terpuruk-pertanian-tumbuh-positif

https://mediaindonesia.com/read/detail/323359-pertanian-penyangga-perekonomian-nasional-di-masa-pandemi

NewsBMB NewsBMB Pertanian Sayur Sayur Mayur Hortikultura