NewsBMB Wed, 10 June 2020
PERISTIWA

Taruna Tani Samboja, Siapkan Petani Milenial

img

Kampung Lama - Rabu (10/06/2020) Taruna Tani Samboja mengadakan pelatihan Pembuatan Dekomposer Bio Tasuke, bekerjasama dengan KTNA Samboja, Pemerintah Kecamatan Samboja, dan Karang Taruna Kampung Lama. 

Bertempat di sekretariat Karang Taruna Kelurahan Kampung Lama, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pelatihan ini dibagi menjadi dua sesi, teori dan praktik. Materi disampaikan oleh rekan-rekan dari Bumi Serai Wangi yang merupakan praktisi pertanian antara lain Bang Edy Toyo dan Bang Yuliantoro. 

Bio Tasuke sendiri merupakan nama yang diciptakan oleh Bumi Serai Wangi. Tasuke sendiri merupakan singkatan dari Tanah Subur Kembali yang artinya mengembalikan unsur hara tanah agar dapat ditanami dengan baik dan mendapatkan hasil pertanian yang maksimal, produk ini hasil temuan dari teman-teman Bumi Serai Wangi dan kerapkali digunakan untuk pertanian di Bumi Serai Wangi. 

M. Alwi Dahlan menuturkan "kegiatan ini adalah bentuk kolaborasi beberapa instansi yang merujuk pada sektor pertanian, diantaranya KTNA, Taruna Tani, Bumi Seraiwangi dan Karang Taruna Kampung Lama. Alhamdulillah peserta yang hadir pun dari berbagai kelurahan seperti Pemuda Senipah, Pemedas, Tanjung Harapan, Wonotirto, Karya Jaya Dan Bukit Merdeka. Agenda ini tetap kita perhatikan juga protokol kesehatannya seperti memakai masker, social distancing dan lain-lain. Harapan saya dan kawan-kawan semoga semangat pemuda dalam mengawal sektor pertanian dapat terus di tingkatkan agar kemudian dapat meningkatkan hasil-hasil dari para petani yang ada. 

Camat Samboja, Ahmad Nurkhalish dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan rekan-rekan pemuda. Semoga hal ini bisa bermanfaat dan dapat diimplementasikan dengan baik, sehingga meningkatkan nilai ekonomi bagi Pemuda Tani Milenial. (adr)

Samboja Agrobisnis Petani Karang Taruna Kampung Lama